About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Serba-serbi Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Kegiatan pemasaran menggunakan digital marketing sering sekali dijadikan pilihan utama oleh banyak perusahaan.

Seperti yang diketahui penggunaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas. Di masa kini, hampir semua kegiatan masyarakat sudah terintegrasi dengan internet.

Imbasnya perusahaan saling berkompetisi untuk menghasilkan konten menarik untuk ditampilkan sebagai cara melakukan promosi di dunia maya.

Pada dasarnya, tujuan dari digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen dengan secepat mungkin.

Semakin cepat konsumen dan calon konsumen berhasil ditarik, tentu keuntungan yang didapatkan pun akan berlimpah.

Serba-serbi Lengkap Digital Marketing, Mulai dari Pengertian Hingga Jenis-jenisnya

Secara umum pengertian dari digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk.

Di dalam prosesnya, promosi produk atau merek tertentu ini dilakukan dengan menggunakan media digital atau internet.

Berikut beberapa pengertian digital marketing menurut ahli:

Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Menurut Ridwan dan Josua, digital marketing adalah kegiatan pemasaran, termasuk branding yang menggunakan berbagai media.

Sebagai contoh medianya adalah blogwebsite, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial lainnya.

Kleindl dan Burrow (2005)

Kleindl dan Burrow menjabarkan bahwa digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari distribusi, ide, konsep, harga, dan promosi .

Secara mudahnya dapat diartikan sebagai tindakan atau usaha untuk membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan.

Hubungan ini tentunya antara produsen dari produk sebuah barang atau jasa dengan pembeli.

Heidrick & Struggles (2009)

Menurut keduanya, digital marketing memanfaatkan pertumbuhan dunia digital untuk melakukan periklanan atau promosi.

Promosi ini biasa tidak digembar-gemborkan dengan secara langsung, akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh ke depannya.

Bisa disimpulkan dari ketiga pendapat tersebut bahwa digital marketing memang diperuntukkan untuk promosi sebuah produk atau jasa.

Tentunya di dalam kegiatan promosi tersebut menggunakan beragam wadah atau cara yang dapat mengakomodir kebutuhan produsen ketika hendak memperkenalkan produknya.

Berikut beberapa jenis media digital marketing yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan:

Website

Website merupakan kumpulan beranda yang berisi informasi tertentu. Informasi ini sendiri dapat ditelusuri dengan mudah oleh siapa pun, kapanpun, dan di manapun melalui internet.

Melalui kehadiran website, konsumen dapat mengetahui bisnis Anda dengan mudah. Terlebih di era digital sekarang ini, di mana kebanyakan orang menggunakan internet untuk aktivitas sehari-hari.

Lewat website Anda dapat melakukan promosi yang hemat. Dengan kehadiran website pula, “wajah” usaha Anda akan terlihat lebih profesional.

SEO dan SEM

Jenis digital marketing berikutnya adalah SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing).

SEM atau Search Engine Marketing merupakan bentuk marketplace di internet yang berguna untuk menambah visibilitas sebuah website.

Tampilan SEM pada Google biasanya akan berbentuk seperti ilklan yang muncul pada bagian atas di halaman pertama pencarian.

Sementara SEO merupakan sebuah teknik yang biasa digunakan oleh pengguna untuk mengoptimasi sebuah website.

Tujuan dari teknik ini adalah untuk memudahkan mesin pencari menemukan halaman atau website Anda.

Dan, untuk menempatkan website ada di halaman pertama pada mesin pencari. Tentunya dengan keyword atau kata kunci yang telah ditentukan.

Manfaat dari SEO sendiri adalah untuk memperoleh traffic yang tinggi, meningkatkan brand sebuah produk, atau meningkatkan kepercayaan.

Perbedaan antara SEO dan SEM adalah pada SEO waktu yang dibutuhkan lebih lama dan dilakukan sendiri oleh pemilik website. Sementara SEM berbayar, tapi prosesnya lebih cepat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Walaupun menggunakan SEO saja, bukan berarti website perusahaan atau produk Anda tidak bisa dikenali.

Di Cloud Now menyediakan jasa SEO berkualitas dan terjamin untuk menghasilkan website dengan traffic yang padat.

Di sini juga website usaha akan dibantu untuk mendapatkan kepercayaan lebih tinggi sehingga lebih sering dicari oleh konsumen atau target market Anda.

Social Media Marketing

Usaha atau produk Anda akan diperkenalkan atau dipromosikan di banyak media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Keunggulan social media marketing terletak pada minimnya biaya yang harus dikeluarkan. Namun, sebenarnya besar kecilnya biaya promosi tergantung hasil yang ingin Anda dapatkan.

Online Advertising

Online Advertising merupakan media promosi produk atau jasa yang dilakukan menggunakan internet dan biasanya berbayar.

Menggunakan digital marketing jenis ini memang terbilang lebih cepat untuk memperoleh konsumen, tetapi biaya yang dikeluarkan cukup besar.

Email Marketing

Menggunakan digital marketing satu ini, Anda dapat mengabarkan informasi terbaru yang berkaitan dengan promosi produk atau jasa yang ditawarkan.

Kelemahan dari metode digital marketing ini adalah Anda diharuskan memiliki kontak email konsumen terlebih dahulu.

Jangkauannya pun cukup terbatas. Selain itu ada kemungkinan email penawaran tidak akan dibaca.

Video Marketing

Digital marketing berikutnya bisa dilakukan lewat video yang berisikan konten produk atau jasa yang ditawarkan.

Cara ini terbilang lebih mudah dipahami karena Anda dapat dengan langsung menjelaskan produk.

Juga dapat digunakan untuk menunjukkan bukti testimoni dari pelanggan dengan tujuan untuk memperoleh kepercayaan.

5 Keuntungan yang Bisa Anda Peroleh dengan Menggunakan Digital Marketing untuk Bisnis

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan digital marketing jenis apa pun, tentunya sangat berharap untuk dapat memperoleh hasil maksimal. Di era perkembangan teknologi yang semakin marak penggunaannya di dalam masyarakat, media digital tentu memberikan banyak keuntungan.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

Hemat Biaya Promosi

Dikarenakan sarana promosi yang digunakan adalah media digital, Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan urusan membuat dan mencetak brosur.

Membuat brosur, spanduk, ataupun baliho yang diletakkan di sepanjang jalan, jelas akan memakan biaya yang besar.

Namun, dengan menggunakan digital marketing, budget yang dibutuhkan untuk promosi lebih hemat dibandingkan dengan cara konvesional.

Jangkauan Target Pasar Lebih Luas

Digital marketing memberikan jangkauan target pasar yang luas dikarenakan tidak terpengaruh oleh letak geografis usaha didirikan.

Promosi dapat Anda lakukan dari Sabang sampai Merauke dengan biaya yang dikeluarkan cenderung sama.

Akses informasinya pun cepat dan mudah karena tidak terbatas di satu wilayah saja. Luasnya jangkauan pasar, Anda dapat menentukan sendiri target yang hendak ditarik.

Namun, sebagai pemilik usaha haruslah mengetahui sejara jelas target pasar yang hendak dituju. Hal ini akan berimbas pada jenis konten yang ditampilkan.

Promosi produk atau jasa yang ditujukan untuk profesional sebagai target marketnya akan memiliki konten yang berbeda jika dibandingkan dengan millenial.

Di Cloud Now Anda akan diberikan pelayanan digital marketing yang profesional dan memiliki jaminan keberhasilan di atas rata-rata.

Produk atau jasa yang hendak ditawarkan akan dipromosikan atau dikenalkan dengan branding yang baik.

Sehingga akan membuat produk Anda memiliki nilai positif di hadapan konsumen atau target market yang dituju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*