About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Manajemen Medsos: 9 Tips Tingkatkan Branding

Manajemen Medsos

Media sosial sebenarnya telah ada sejak lebih dari 20 tahun lalu. Mulai dari Blog dan Friendster, hingga Facebook, Instagram, dan TikTok. Namun pentingnya manajemen medsos baru disadari satu dekade belakangan.

Manajemen sosial media dapat digunakan untuk meningkatkan branding produk dan perusahaan. Namun, penggunaannya harus tepat agar tujuan branding tercapai.

Artikel ini akan mengajak Anda mengetahui arti penting manajemen sosial media dan cara menggunakannya untuk meningkatkan branding.

Arti Penting Manajemen Medsos

Sosial media awalnya digunakan untuk sarana berkomunikasi dan berbagi hobi, kejadian menarik, dan foto-foto atau video bagus.

Namun akhirnya, media ini mengembangkan sayap hingga dapat digunakan sebagai sarana marketing. Terutama karena fungsi komunikasi dan ‘berkumpul secara online’ yang dimilikinya.

Saat ini, jika pengusaha atau pemilik bisnis ingin menjangkau lebih banyak konsumen dan pasar yang lebih luas, maka mereka harus pintar memanfaatkan media sosial.

Di sinilah arti penting manajemen medsos untuk branding dimulai. Melalu medsos, pengusaha dapat meraih berbagai macam pelanggan dari segmen berbeda.

Melalui socmed ads, pengusaha juga dapat menargetkan iklan dan kontennya pada konsumen yang lebih terarah. Karena dari remaja hingga lansia pasti memiliki akun medsos.

9 Tips Manajemen Medsos Untuk Meningkatkan Branding

Bicara tentang branding, orang seringkali akan mengkorelasikannya dengan logo. Padahal sebenarnya, branding juga berkaitan dengan nilai dan pandangan orang tentang produk, perusahaan, bahkan pemiliknya.

Nah, manajemen medsos adalah kanal tepat untuk melakukan branding secara luas, mudah, sekaligus hemat anggaran. Agar kampanye ini berhasil, lakukan 9 tips di bawah ini.

Konsistensi dalam Manajemen Medsos

Bermain sosial media mirip dengan bergaul di dunia nyata. Semakin sering Anda terlihat, maka semakin mudah Anda dikenali.

Anda harus memiliki jadwal yang konsisten untuk muncul dan mengunggah konten di setiap akun sosmed agar lebih mudah terlacak pelanggan. Jangan lupa untuk berhubungan dengan akun lain di dalam lingkungan bisnis yang sama.

Jangan ragu untuk mengikuti dan menambah teman dari sisi pelanggan maupun kolega bisnis Anda. Hal ini akan memperluas jaringan dan membuat konten Anda lebih mudah terlihat.

Manajemen medsos: beda platform beda konten

Pelajari ritme, ciri, kekuatan, dan tipe pengguna setiap jenis media sosial. Karena beda platform berbeda juga konten utama yang harus disiapkan.

Instagram, TikTok dan YouTube tentu membutuhkan video berkualitas tinggi dengan CTA yang menarik. Sementara Twitter lebih lugas dan Facebook lebih leluasa dalam caption.

Namun perlu digarisbawahi, walaupun berbeda tetap beri benang merah yang menghubungkan setiap konten tersebut. Hubungkan juga akun-akun sosmed Anda agar mempermudah pelanggan mencarinya.

Penting diingat agar mengindari mirroring content dalam hal ini. Mirroring content adalah membuat satu konten untuk diposting di beberapa platform berbeda.

Cara ini tidak akan menumbuhkan follower dan engagement secara maksimal. Bahkan salah satu platform bisa saja ditinggalkan follower karena toh isinya sama dengan akun Anda di platform yang lain.

Gunakan suara yang sama

Penggunaan suara dalam konten medsos adalah pemilihan kata, cara penulisan kalimat, dan gaya penyampaian dalam caption konten Anda.

Dalam manajemen medsos, hal ini harus disesuaikan dengan demografi konsumen yang disasar. Gambarkan pelanggan Anda sebagai seseorang (buyer persona) dan bayangkan cirinya secara detail.

Misalnya berapa usianya, apa jenis kelaminnya, bagaimana kepribadian dan pendidikannya, tingkat pendapatan, gaya berbelanja, minat, masalah yang dihadapi, dll.

Semakin mendekati ‘suara’ yang digunakan dalam konten dengan calon pelanggan yang disasar, semakin berhasil branding Anda.

Penting pula untuk memakai suara yang sama di setiap konten dan setiap platform medsos, karena suara ini mencirikan brand Anda sebagai satu persona yang utuh.

Pilih warna yang mewakili brand

Dalam desain gambar atau video konten, pilih warna yang mewakili brand, karena warna tersebut juga mewakili kepribadian dan makna produk.

Jangan lupa untuk konsisten menggunakan warna tersebut pada setiap konten di seluruh akun medsos Anda. Bahkan samakan antara konten iklan offline dengan kampanye medsos.

Relate dengan user

Memanfaatkan media sosial sejatinya sama dengan mengobrol bersama teman. Semakin relate tema konten dengan apa yang dihadapi oleh pelanggan, semakin tertarik mereka pada brand Anda.

Dalam hal ini, mempelajari konsumen sedetail mungkin akan menjadi kunci penyusunan konten yang tepat. Tambahkan dengan mempelajari hal-hal yang sedang trend belakangan ini.

Komunikasi dua arah

Manajemen medsos juga sejatinya adalah berkomunikasi dua arah dengan user dan follower. Balaslah komentar, beri reaksi, dan jika memungkinkan share postingan follower yang memberi branding positif bagi produk dan bisnis.

Komunikasi dua arah yang tulus, menarik, dan menyenangkan, akan meningkatkan rasa percaya user pada brand dan akhirnya akan menaikkan trafik serta transaksi.

Gunakan storytelling

Cerita yang menarik, relate dengan follower, serta mengandung CTA akan sangat efektif di media sosial. Anda dapat memilih tipe hard selling atau soft selling dalam konten.

Sesekali, berikan cerita di balik layar yang menarik. Tunjukkan kru Anda, proses pembuatan konten, atau ceritakan suka duka menjalankan bisnis Anda.

Konten visual sangat penting

Walaupun bercerita itu penting, tetapi tidak akan banyak berpengaruh jika tanpa visual. Gunakan gambar menarik, dengan resolusi tinggi dan relate dengan cerita Anda.

Di beberapa platform misalnya Instagram, Anda dapat menggunakan filter dan berbagai elemen untuk memperindah gambar.

Konten visual juga berarti video, infografis, animasi, dll. Karena itulah seorang social media manager paling tidak harus mengerti dasar-dasar desain.

Bekerja sama dengan influencer

Membangun branding membutuhkan waktu dan tenaga dan harus direncanakan dengan matang. Karena di media sosial, kecepatan informasi sangat berpengaruh pada konten yang dibuat.

Untuk menambah trafik, follower dan transaksi, gunakan jasa para influencer. Karena review dan cerita dari orang ketiga selalu menarik, terutama jika tokoh tersebut adalah favorit banyak orang.

Social media management digunakan oleh sebagian besar bisnis, karenanya Anda harus pintar-pintar bersaing agar dapat menonjol dan menarik perhatian user. Para influencer dapat membantu dalam hal ini.

Bangun Branding Anda Bersama CloudNow

Manajemen medsos adalah bagian marketing yang harus dilakukan secara konsisten, dengan perencanaan yang baik, serta tertarget.

Tidak semua pengusaha sempat melakukan seluruh rangkaian kegiatan tersebut di sela-sela operasional bisnis yang padat. Namun jangan khawatir karena CloudNow hadir untuk Anda.

Kami mampu membantu Anda membangun branding produk dan perusahaan melalui sosial media dengan cepat, mendorong pertumbuhan follower dan meningkatkan trafik.

Kami akan membawa nilai-nilai bisnis Anda ke level yang lebih tinggi dan membangun kepercayaan serta engagement kuat dengan calon pelanggan.

Jadilah yang terdepan di media sosial bersama CloudNow. Kunjungi situs resmi kami dan dapatkan harga special layanan manajemen medsos sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*