About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Faktor yang Mempengaruhi dan Cara Optimasi SEO TikTok

Menerapkan SEO TikTok untuk bisnis sangatlah lumrah di era yang serba internet seperti saat ini.

Teknologi yang semakin berkembang pesat, penggunaan gadget yang tidak lagi dibatasi oleh gender, usia, atau latar belakang.

Menjadikan sosial media sebagai ladang terbaik untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Optimasi SEO TikTok agar Lebih Maksimal

seo tiktok

Sebagai pemilik sebuah bisnis, melakukan promosi melalui media sosial merupakan salah satu cara ampuh untuk mendatangkan konsumen.

Lantas metode pemasaran apa sajakah yang selama ini sudah Anda jalankan?

Salah satu aplikasi media sosial yang ramai digunakan adalah TikTok.

Peluang untuk mendapatkan keuntungan pun menjadi besar apabila Anda mampu menyusun strategi SEO TikTok dengan baik.

Mengingat TikTok bisa dioptimasi layaknya mesin pencari.

SEO TikTok adalah sebuah strategi untuk mengoptimasi pencarian video di aplikasi TikTok.

Apabila ada pengguna yang mengetikkan keyword tertentu di kolom pencarian TikTok.

Maka, pengguna tersebut akan menemukan beberapa konten yang relevan dengan kueri pencarian itu.

Misalnya mengetikkan topik tertentu dengan menambahkan kata ‘TikTok’ seperti ‘video artis di TikTok’ di mesin pencari.

Anda juga akan menemukan beberapa video yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Secara tak langsung Anda berniat untuk menarik audiens dari kalangan Generasi sekarang ketika menggunakan strategi SEO TikTok.

Untuk memperluas jangkauan audiens, Anda bisa memakai strategi SEO TikTok ini.

Tentunya akan menjadi peluang baru bagi para content creator terutama di media sosial Tiktok.

Pentingnya SEO TikTok

seo tiktok

Platform Tiktok ini sekarang memiliki fitur layaknya search engine, seperti keyword atau kata kunci yang disarankan di kolom pencarian dan bagian komentar.

Pada awalnya TikTok memperkenalkan dirinya sebagai media entertainment, bukan sebuah mesin pencari.

Tetapi sekarang TikTok juga bisa dioptimasi dan digunakan seperti halnya search engine.

Namun, karena hal ini kemudian membuat TikTok terlihat berkompetisi dengan Google.

Dengan potensi dan peluang yang sama dengan mesin pencari Google.

Maka, semakin banyak para pebisnis yang beralih ke TikTok sebagai cara alternatif untuk terhubung dengan audiens dengan lebih efektif.

Di sinilah peran SEO TikTok dalam pengenalan bisnis ke audiens yang lebih luas.

Saat ini pengguna TikTok sudah semakin banyak. User-generated content membuat mereka lebih tertarik untuk membeli produk

Ada sekitar 79 persen pengguna yang menyatakannya. Tercatat sekitar 40 persen dari pengguna yang menggunakan TikTok sebagai mesin pencari Google.

Jika Anda memiliki bisnis yang berpotensi untung besar bila dipromosikan melalui media sosial.

Berarti Anda harus memiliki strategi SEO TikTok yang baik untuk memperluas jangkauan audie

Visibilitas konten pun juga akan meningkat jika Anda memahami bagaimana cara mengoptimasi konten TikTok.

Faktor yang Mempengaruhi SEO TikTok

seo tiktok

Ada beberapa faktor SEO TikTok yang mempengaruhinya sebagai berikut:

Interaksi Pengguna

Anda wajib mempertimbangkan bagaimana bentuk interaksi antara pemilik usaha/konten dan pengguna untuk memiliki strategi SEO untuk TikTok yang baik.

Sebagai pemilik bisnis perlu menyediakan aneka konten yang bersifat engaging dan out of the box.

Untuk memancing pendapat dan komentar dari pengguna, Anda harus bisa menciptakan konten yang interaktif.

Konten akan lebih mudah untuk masuk ke FYP (For You Page) pengguna jika konten yang ditawarkan bagus.

Untuk meningkatkan visibilitas konten dan mendapatkan lebih banyak view, biasanya para content creator mencantumkan #fyp.

Platform TikTok umumnya, merekomendasikan FYP yang berisi konten.

Informasi Video

Semua informasi termasuk teks, hashtag, serta backsoundnya yang terkandung dalam video dapat memengaruhi peringkat konten yang Anda buat di TikTok.

TikTok mencari video yang mencakup topik yang sedang tren serta berisi kata kunci yang relevan di judul dan deskripsinya.

Gunakanlah keyword yang relevan pada bagian judul dan captionnya jika ingin memiliki video dengan tingkat visibilitas tinggi di TikTok.

Mengapa hal tersebut diperlukan ?

Karena pengguna TikTok dapat mencari topik-topik tertentu hanya dengan mengetikkan kata kunci, seperti layaknya mesin pencari Google.

Lokasi Kreator

Faktanya, di aplikasi TikTok itu sendiri memiliki algoritma untuk memberikan konten FYP pada pengguna sesuai dengan negara di mana mereka berasal.

Bila Anda mengenal local SEO di mesin pencari, maka strategi serupa juga bisa diimplementasikan di TikTok.

Mungkin saja hal ini menjadi lebih berhubungan bagi Anda yang pernah bepergian ke luar negeri.

FYP TikTok Anda secara otomatis berisi konten promo dari kreator asal negara tersebut.

Buatlah TikTok mampu mengidenttifikasi dari mana Anda berasal.

Cara Mengoptimasi Video untuk SEO TikTok

seo tiktok

Sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara-cara mengoptimasi video untuk memaksimalkan strategi SEO TikTok Anda.

Pahami Audiens dan Search Intent

Anda harus memahami target audiens dan bagaimana search intent-nya sebelum membuat konten.

Salah satu hal yang penting adalah dapat mengetahui target audiens yang tepat sesuai kategori bisnis.

Apabila asal-asalan dalam membuat konten tanpa memahami terlebih dahulu target audiens.

Maka, strategi bisnis yang dijalankan melalui TikTok kemungkinan besar akan gagal. Percuma, bukan?

Untuk mengetahui bagaimana konteks dari konten yang akan diproduksi untuk menunjang promosi.

Itulah yang menjadi alasan betapa pentingnya bagi Anda mempelajari search intent.

Gunakan Keyword yang Relevan untuk Caption

Cara mengoptimasi SEO TikTok yang berikutnya adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan sebagai caption untuk postingan.

Mengingat TikTok memiliki kemampuan untuk melakukan penelusuran berdasarkan keyword layaknya Search engine di browser.

Apabila seorang pengguna mengetikkan sebuah keyword, pengguna itu bisa langsung menemukan beberapa video yang relevan dengan keyword tersebut.

Anda bisa melakukan riset keyword untuk menemukan beberapa kata kunci yang relevan dengan bisnis.

Hal ini sama halnya dengan mengoptimasi SEO untuk Google.

Fungsi inilah yang akan mempermudah Anda untuk menjangkau audiens-audiens baru yang berpotensi membutuhkan produk atau jasa bisnis yang Anda tawarkan.

Masukkan Keyword ke dalam Video

Cara mengoptimasi SEO TikTok yang selanjutnya adalah memasukkan penggunaan kata kunci atau keyword ke dalam video.

Sebab, hal ini akan menunjukkan bahwa Anda sedang membuat sebuah konten yang relevan dengan keyword yang Anda masukkan ke video tersebut.

Banyaknya penyebutan keyword akan membuat TikTok mengidentifikasi bahwa konten yang dibuat memang relevan dengan keyword tersebut. 

Agar tidak terjadi keyword stuffing, keyword dimasukkan ke dalam video hasruslah sesuai dengan keperluan konten.

Jangan lupa untuk membuat thumbnail yang juga menyebutkan target keyword.

Munculkan keyword tersebut pada 3 detik pertama video. Hal tersebut dilakukan tidak hanya untuk membuat TikTok mengetahui topik video Anda.

Namun, juga memberikan peluang video menjadi lebih mudah dikenali oleh pengguna Tiktok yang mencari informasi dengan keyword tersebut.

Evaluasi Video Sebelumnya untuk Mengoptimalkan Strategi SEO

Pelajari apa saja yang membuat video sebelumnya memiliki view yang tinggi.

Sebab dengan mengevaluasi video sebelumnya mampu memperbaiki strategi penyusunan konten Anda yang selanjutnya.

Bisa dimulai dari penggunaan keyword atau hashtag-nya.

Cari tahu alasan video konten dengan view rendah hasilnya kurang memuaskan.

Nantinya berdasarkan hasil evaluasi inilah dapat disimpulkan hal-hal apa saja yang perlu dibenahi dalam meningkatkan strategi SEO TikTok.

Menyajikan Konten yang Berkualitas dan Menarik

Anda tidak memerlukan penggunaan kamera atau microphone atau peralatan yang canggih dan mahal untuk menyajikan konten menarik.

Sajikan ide yang Anda miliki dengan menggunakan peralatan yang sederhana saja.

Tentunya yang dapat menyampaikan konsep tersebut dengan gambar dan audio jelas.

Yang terpenting adalah informasi yang ada di video dapat diterima penguna dengan baik.

Untuk mendalami SEO TikTok, Anda bisa menggunakan jasa SEO yang disediakan oleh agensi digital marketing Cloud Now.

Sebab, jasa SEO professional dari Cloud Now mampu membantu Anda untuk menyusun, membimbing dan memberikan pelatihan mengenai strategi marketing dengan efisien dan detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*