About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Social Media Marketing: 4 Pilihan Platform Medsos yang Oke!

Social media marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang sekarang banyak digunakan.

Terutama di era di mana teknologi dan internet semakin banyak dipergunakan oleh masyarakat.

Secara mudahnya, social media marketing jenis ini menggunakan peran media sosial dalam proses mengiklankan produk atau jasa.

Bisa dikatakan bahwa jenis digital marketing satu ini jauh lebih efisien, jika dibandingkan dengan metode marketing konvensional.

Ada banyak perusahaan besar maupun kecil hingga UMKM yang mempromosikan produk atau jasanya menggunakan social media marketing.

Memahami Lebih Jelas tentang Social Media Marketing

social media marketing

Seperti sudah dijabarkan secara singkat di atas, social media marketing adalah proses marketing yang proses promosi atau kampanyenya dilakukan lewat media sosial.

Adapun media sosial yang sering dipergunakan adalah Facebook, Instagram, atau Twitter.

Di dalam social media marketing mengutamakan aksi pembuatan konten, baik berupa produk ataupun jasa.

Konten ini dibuat sedemikian rupa sehingga nantinya akan menarik perhatian dari pengguna aktif di medsos yang digunakan untuk promo.

Pengertian social media marketing menurut Neil Patel adalah proses yang bertujuan untuk menarik perhatian orang agar terikat (engaged).

Tentunya mengalami keterikatan dengan konten yang disajikan. Sebab, apabila sudah muncul rasa keterikatan, kemungkinan untuk konten tersebut dibagikan menjadi lebih besar

Pentingnya Social Media Marketing untuk Keberlangsungan Usaha

Menurut sebuah penelitian, setidaknya ada lebih dari 3,2 miliar orang di dunia yang aktif menggunakan media sosial pada masa sekarang ini.

Angka tersebut sangat besar dan bisa dibilang sangat menarik kaena membuktikan bahwa media sosial sangat digandrungi oleh kebanyakan orang.

Maka, tidak salah jika dikatakan bahwa proses marketing yang dilakukan melalui media sosial akan jadi jauh lebih menyenangkan.

Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh dari memakai social media marketing:

Brand Awareness Meningkat

Dengan seringnya sebuah produk atau jasa yang diunggah ke sebuah media sosial secara terus-menerus. Maka, kemungkinan produk atau jasa tersebut diakui akan memiliki kans besar.

Hal ini disebabkan masyarakat mulai menaruh perhatian kepada produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

Ada Feedback Produk Lengkap dengan Strategi Pemasaran

Apabila sebuah produk atau jasa diakui keberadaannya, maka akan mulai menjadi topik pembicaraan.

Ketika sudah berada di fase ini, Anda dapat mengalami atau melihat interaksi langsung antara pengguna medsos dengan konten yang ditawarkan.

Untuk sebuah perusahaan, metode ini bisa dipakai sebagai alat untuk mengukur kelebihan dan kekurangan dari produk maupun jasa.

Sekaligus pula bisa menjadi patokan apakah strategi marketing yang dipilih sudah memberikan hasil seperti yang diharapkan.

Mempelajari Kompetitor

Dengan memanfaatkan social media marketing, Anda dapat melihat bagaimana cara atau strategi kompetitor ketika tengah memperkenalkan produknya.

Lewat cara ini, Anda dapat menentukan langkah apa yang hendak dilakukan selanjutnya. Bisa saja dengan melakukan modifikasi pada cara yang sudah diterapkan oleh kompetitor.

Namun, bisa pula dipakai untuk mempelajari kelemahan dari sebuah strategi marketing yang dijalankan oleh kompetitor Anda.

Memahami Strategi Social Media Marketing

social media marketing

Memahami secara tepat tentang strategi yang bisa diterapkan di dalam social media marketing, jelas akan memudahkan Anda untuk memaksimalkan promosi.

Setidaknya ada 5 strategi yang bisa Anda terapkan untuk dapat memperkenala produk atau jasa yang dimiliki.

Mempelajari Selera

Bisa membaca dan mempelajari selera dari target marketing Anda sangatlah penting untuk keberlangsungan sebuah produk atau jasa.

Bisa dikatakan bahwa selera dari audiens bisa dijadikan tolak ukur cocok atau tidaknya sebuah produk dibuat.

Penyajian konten media sosial yang menarik pun, biasanya dilakukan setelah memetakan selera audiens.

Semakin cocok selera target market Anda dengan konten yang ditampilkan, sudah pasti engagement pun menjadi lebih besar.

Menentukan Platform yang Hendak Dipakai

Setiap platform media sosial memiliki fiturnya masing-masing. Hal ini jelas akan berpengaruh pada jenis konten yang akan Anda buat.

Jika platform yang Anda sasar adalah pengguna media sosial Instagram, maka konten dengan gaya milenial adalah sebuah keharusan.

Hal ini disebabkan oleh, platform satu ini memang pemakai terbesarnya adalah dari kalangan milenial.

Maka, konten yang akan disajikan haruslah relevan dengan target yang hendak disasar.

Membuat Konten yang Menarik

Konten yang menarik lebih mudah untuk membuat target yang disasar tergerak untuk membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan.

Maka, sejatinya sebuah konten haruslah bisa meningkatkan engagement dan sharing untuk memperluas target market.

Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui jenis konten yang akan disukai oleh mereka yang menjadi target pasar.

Waktu Posting yang Terjadwal

Langkah berikutnya adalah Anda harus memperhatikan atau melakukan analisa kapan orang-orang lebih aktif di media sosial.

Maka, Anda pun akan memosting konten menyesuaikan dengan waktu-waktu tersebut. Hal ini akan membuat konten Anda menjadi lebih besar kemungkinannya untuk dilihat.

Lakukan Evaluasi

Evaluasi menjadi hal yang penting di dalam social media marketing. Tentunya untuk memastikan bahwa strategi yang telah diterapkan memiliki keberhasilan di atas 80 persen.

Di setiap media sosial, biasanya akan disajikan data mengenai berhasi atau tidaknya sebuah proses marketing.

Pelajari dan analisa data tersebut dengan baik agar strategi marketing Anda semakin baik ke depannya.

Beragam Pilihan Social Media yang Tersedia

social media marketing

Ada banyak beragam pilihan social media marketing yang bisa Anda gunakan sebagai wadah untuk melakukan promosi produk dan jasa.

Berikut beberapa jenis platform social media marketing yang lazim digunakan di Indonesia:

Facebook

Platform media sosial besutan Mark Zuckenberg yang diciptakan pada tahun 2005 disebut-sebut telah dipakai oleh 2,2 miliar pengguna.

Untuk mencapai tujuan marketing yang Anda buat, Facebook dapat dipergunakan untuk meningkatkan brand awareness.

Peningkatan brand awareness untuk sebuah produk dapat dilakukan dengancara memproduksi konten sesuai jenis audiensnya. Keuntungan lainnya Facebook juga cocok bagi Anda yang hendak memasang iklan.

Twitter

Pada umumnya Twitter cenderung dipergunakan untuk customer service. Ini dikarenakan ada perbedaan besar antara Twitter dengan media sosial lainnya, yakni interaksi.

Twitter memberikan kesempatan besar bagi perusahaan untuk langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Berbeda dengan strategi marketing yang dilakukandi Instagram atau Facebook. Pada kedua media sosial ini lebih mengutamakan publikasi konten ketimbang adanya interaksi langsung.

Instagram

Seperti disebutkan sebelumnya, pengguna Instagram kebanyakan adalah generasi milenial. Dalam social media marketing menampilkan katalog sebuah produk atau jasa akan sangat cocok dilakukan pada platform satu ini.

Ketersediaan kolom komentar, fitur polling, dan question menjadi salah satu kelebihan platform ini. Sebab, Anda dapat melakukan interaksi dengan audiens.

YouTube

Dengan durasi video yang cukup panjang, plarform media sosial satu ini cocok untuk digunakan sebagai wadah untuk mengunggah iklan.

Bahkan, Anda mungkin pernah menemukan iklan yang dikemas dalam bentuk drama pendek yang bisa dinikmati layaknya sebuah hiburan.

Jadi, setelah mengetahui tentang social media marketing dan jenis-jenisnya, mana yang menjadi pilihan Anda?

Di Cloud Now Anda akan dibantu untuk memetakan strategi social media marketing yang cocok untuk produk atau jasa yang akan ditawarkan. Jadi tidak perlu ragu untuk memakai jasanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*