About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

5 Kesalahan Strategi Social Media Marketing

strategi social media marketing

Strategi Social media marketing adalah memanfaatkan media sosial untuk menjalankan rencana pemasaran perusahaan. Bentuknya dapat berupa Ads, seperti Instagram Ads, TikTok Ads, dan Facebook Ads.

Namun niche pemasaran ini bukan hanya menggunakan Ads. Membuat konten dan mendekatkan diri dengan follower juga bagian dari marketing media sosial.

Sayangnya, masih banyak pemasar yang salah dalam menjalankan strategi ini. Berikut adalah 5 kesalahan strategi social media marketing yang sering terjadi.

Kesalahan Strategi Social Media Marketing: Konten Kurang Bermutu

Sejatinya, konten adalah jantung dari pemasaran media sosial. Walaupun menggunakan tool Ads, tetapi jika konten tidak bermutu maka strategi Anda tumpul.

Konten yang bermutu haruslah:

  • Memberi nilai tambah tersendiri bagi pengikut, lebih dari sekadar manfaat produk
  • Unik, berbeda dari para pesaing Anda
  • Menggunakan elemen visual yang menarik
  • Sesuai dengan platform yang digunakan. Maka Anda harus mengenali dulu jenis konten apa yang banyak diminati di platform tersebut.
  • Menyasar pengikut dengan tepat. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan tools yang disediakan platform untuk mengukur insight dan melihat demografi pengikut.            
  • Relate dengan kondisi atau kebutuhan kebanyakan pengikut
  • Mengikuti trend

Tidak Menetapkan Sasaran Konsumen Dengan Benar

Sebelum memilih jenis media sosial yang digunakan, tetapkan dulu sasaran konsumen dengan benar. Segmen yang berbeda akan memilih platform medsos yang berbeda pula.

Misalnya jika Anda menyasar konsumen dari kalangan Gen-X hingga Milenial, maka lebih cocok menggunakan Facebook dan Instagram.

Namun jika Anda menginginkan konsumen dari Gen Z hingga Gen Alfa, maka gunakan TikTok dan Instagram.

Kebanyakan Gen Z bermain di TikTok, sementara Gen Alfa memiliki orang tua dari kalangan milenial yang juga berada di Instagram.

Setelah mengetahui segmen yang tepat dan platform yang akan digunakan, tinggal membuat konten yang menarik dan sesuai.

Tidak Ada Komunikasi Dengan Followers

Fungsi awal diciptakannya media sosial sebenarnya adalah komunikasi. Bukan hanya satu arah, tetapi dua arah.

Sebagai pemilik akun dan pemasar, bukan hanya konten yang harus ciamik. Komunikasi dua arah dengan pengikut juga harus aktif.

Secara teratur balaslah beberapa komentar dari pengikut. Beri tanda suka pada postingan akun lain yang memiliki niche serupa.

Pin komentar yang menarik, ucapkan terima kasih atas review yang masuk dan repost kembali di story. Sambil sesekali selipkan soft selling dalam percakapan.

Semakin sering berkomunikasi, semakin akun Anda dianggap ramah oleh pengikut. Hal ini akan menghasilkan salah satu tujuan strategi social media marketing: engagement.

Engagement akan menambah kepercayaan pengikut dan calon konsumen sehingga mereka akan bersedia membeli produk yang ditawarkan.

Hanya Tentang Produk Anda Saja

Walaupun akun digunakan untuk memasarkan produk, bukan berarti isi konten melulu tentang produk dan promosi saja.

Sesekali postinglah konten yang menghibur, lucu, dan menarik. Bisa kuis-kuis trivia, giveaway, tantangan, dll.

 Anda dapat menyelipkan promosi di akhir captionnya dan gunakan gaya soft selling. Jangan lupa membangun komunikasi dari reaksi yang diberikan para pengikut.

Informasi Kurang Lengkap

Tidak ada salahnya untuk memberikan CTA yang mencantumkan informasi lengkap mengenai kontak akun Anda. Karena tidak semua orang mau meng-klik tautan di bio atau suka dialihkan ke situs Anda.

Cobalah mengatakan, “Komen ‘mau’ ya, nanti Mimin kasih info lengkap tentang produknya”. Alih-alih menyuruh pengikut meng-klik tautan atau meminta mereka membuka sorotan.

Namun, tentu Anda tetap harus mencantumkan kontak dan link di bio serta mengatur sorotan agar mudah dibaca. Karena semakin lengkap informasi di akun, semakin banyak cara pengikut mencari tahu tentang produk.

Trik Menaklukkan Strategi Social Media Marketing yang Tepat

Dari penjabaran di atas, bisa terlihat bahwa media sosial adalah alat berkomunikasi. Selain juga bisa dijadikan sarana memasarkan produk.

Jangan lupa bahwa tujuan strategi social media marketing sebenarnya adalah meningkatkan transaksi. Bukan hanya meningkatkan jumlah followers.

Jika jumlah follower Anda meningkat tetapi tidak diikuti dengan peningkatan transaksi, maka evaluasi kembali strategi pemasaran Anda, atau mungkin ini saatnya menggunakan jasa Social Media Specialist.

CloudNow memiliki jasa social media marketing seperti TikTok Ads dan Facebook Ads. Juga jasa social media management untuk memaksimalkan akun medsos dalam memasarkan produk.

Anda dapat mengunjungi langsung laman jasa kami untuk memilih paketnya atau menghubungi email layanan@cloudnow.com.

Namun jika masih penasaran ingin menaklukkan sendiri social media marketing, kami akan berikan beberapa triknya.

Tentukan dulu budget Anda

Walaupun biaya pemasaran media sosial minim biaya, bukan berarti tidak ada pengeluaran sama sekali. Anda harus menyiapkan anggaran untuk:

  • Biaya kerja sama dengan influencer
  • Biaya admin media sosial
  • Biaya jasa desain grafis
  • Biaya untuk hadiah giveaway, dll

Kenali target konsumen

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda harus mengenali dulu siapa target konsumen dan apa platform media sosial yang mereka pakai.

Kenali kompetitor

Setiap pebisnis pasti memiliki kompetitor. Kenali siapa mereka, apa keunggulan produknya, dan apa kelemahan produk mereka yang bisa diisi oleh produk Anda.

Setelah itu, kenali pula bagaimana mereka mengelola kontennya di medsos dan cari celah untuk membuat konten Anda lebih baik.

Tentukan branding

Apa branding utama produk dan usaha Anda? Branding ini yang akan menjadi benang merah semua konten media sosial, di platform manapun Anda bermain.

Buat content planning

Langkah terakhir adalah membuat content planning agar Anda dapat konsisten memposting konten setiap hari di medsos.

Saat ini sudah banyak contoh content planning dan content calendar di situs-situs digital marketing. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

Taklukkan Social Media Marketing Bersama CloudNow

Mengelola media sosial sejatinya membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga yang dikeluarkan secara konstan. Karena akun Anda harus tetap terlihat ‘hidup’ agar pengikut bertahan dan postingan terlihat di beranda mereka.

Jika tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelolanya, serahkan pada Social Media Specialist profesional yang dimiliki CloudNow.

Di CloudNow, kami akan mengelola media sosial Anda secara konsiten, terencana, tertarget, dan pastinya profesional. Kami akan membantu melakukan riset dan mengelola anggaran pemasaran yang Anda kucurkan hingga menghasilkan omset gemilang.

Seluruh proses perencanaa, pembuatan, dan pengunggahan konten akan dilakukan sebaik mungkin. Termasuk meningkatkan engagement dengan pengikut dan user lainnya.

Apapun platform media sosial yang ingin dikelola dapat kami kerjakan. Anda bisa fokus pada kanal pemasaran lain yang ingin dikembangkan.

Hubungi customer service CloudNow melalui WA atau telepon ke nomor +62 811-8085-515 untuk konsultasi. Atau langsung pilih paket jasa social media marketing and management di situs resmi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*