About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

3 Rekomendasi Website Untuk Konsumer Review

Meskipun pemilik bisnis memiliki ide untuk perkembangan bisnis, tidak akan memberi berdampak banyak tanpa adanya review dari pelanggan. Rekomendasi website untuk konsumer review menunjukkan bagaimana sebaiknya menanggapi review terhadap produk Anda.

Apa itu Konsumer Review

Apa itu Konsumer Review

Dalam semua bidang bisnis bertujuan untuk membuat pelanggan senang dan puas. Kepuasan pelanggan menjadi tolak ukur keberhasilan produk. Apa itu Konsumer review juga menunjukkan apa yang harus diperbaiki dari produk dari bisnis Anda.

Jenis Rekomendasi Website Untuk Konsumer Review

Pelanggan bisa menyampaikan review melalui email atau komentar langsung di sosial media. Berikut beberapa jenis review yang sering ditemui pada bisnis online.

Berisi Pujian 

Mendapatkan review yang diberikan berisi pujian akan sangat menyenangkan bagi pemilik bisnis. Namun, hal ini tidak boleh menjadikan rasa puas dan berhenti melakukan pembaruan terhadap bisnis Anda.

Hal ini menjadi kesempatan untuk menjaga hubungan baik dengan customer. Review berisi pujian secara tidak langsung akan menjadi alat marketing yang ampuh. 

Kepercayaan dengan sendirinya akan timbul melebihi deskripsi produk yang ada. Mintalah izin terlebih dahulu untuk menggunakan review dari customer. Hal ini juga akan menimbulkan sikap menghargai customer.

Komentar Positif

Rekomendasi website untuk konsumer review berisi komentar positif akan sangat berarti. Anda sebagai pemilik bisnis harus merespon ulasan tersebut. Menunjukkan rasa peduli terhadap konsumen sekaligus menghargai setiap feedback yang diberikan. 

Sebaiknya Anda tidak hanya mengucap terima kasih saja. Berikan respon yang sifatnya personal. Hal ini akan memberi efek spesial untuk customer. Sebutkan nama customer dan review yang variatif.

Review Tidak Akurat

Pendapat umum beranggapan bahwa konsumen selalu benar. Namun, tidak menutup kemungkinan customer salah memberikan review. Review berisi hal yang tidak akurat akan memberikan dampak negatif terhadap bisnis Anda.

Customer baru atau calon customer akan mendapat informasi yang salah. Untuk menghadapi hal ini, Anda perlu mendekati customer tersebut secara personal. Tanyakan alasan mengapa memberikan ulasan tersebut. 

Lalu berikan pengertian dan klarifikasi. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Bantulah customer mendapatkan informasi yang tepat dan benar.

Komentar Negatif

Mendapat komentar negatif dari konsumen menjadi hal yang sangat menakutkan. Pemikiran tersebut tidak sepenuhnya salah, namun dapat digaris bawahi bahwa komentar negatif juga bisa memberi efek positif.

Customer akan memberi kesempatan jika Anda sebagai pemilik bisnis bisa menyelesaikan masalah tersebut. Anda bisa meningkatkan kredibilitas dengan menampilkan kelebihan dan kekurangan produk. 

Review yang hanya berisikan komentar positif saja akan sangat mencurigakan. Sebaiknya tidak langsung menghubungi secara langsung. Mintalah customer services Anda menghubungi melalui telepon. 

Sampaikan permintaan maaf atas kesalahan produk bisnis Anda. Pertimbangkan untuk memberi hadiah sebagai permintaan maaf.

Rekomendasi Website Untuk Konsumer Review

Berikut beberapa rekomendasi website untuk konsumer review yang patut dijadikan bahan acuan pemilik bisnis.

Ulasan Pelanggan Amazon

Rekomendasi website untuk konsumer review yang pertama adalah ulasan pelanggan Amazon. Ulasan menjadi komponen utama untuk menentukan peringkat di produk Amazon. 

Pihak Amazon memantau secara aktif memantau situs-situs yang digunakan untuk manipulasi. Adanya perubahan aturan untuk menjangkau pelanggan untuk mengumpulkan ulasan sejenis.

Dasar Ulasan Amazon

Mendapat ulasan positif akan menimbulkan perasaan nyaman bahwa produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan. Berikut beberapa dasar ulasan Amazon yang bisa Anda simak.

Banyaknya

Agar sukses di Amazon apakah harus membutuhkan banyak ulasan? Hal ini ternyata bukan faktor utama untuk sukses menjual produk melalui Amazon. 

Semakin kompetitif kategori produk yang Anda jual, semakin banyak ulasan yang dibutuhkan. Ini bertujuan untuk menghadapi persaingan produk serupa. 

Untuk produk yang sangat khusus membutuhkan 25 ulasan. Ini untuk mengoptimalkan lalu lintas terhadap produk Anda. Skor yang Anda dapatkan akan muncul di SERP. 

Umpan dan Ulasan Balik

Umpan balik bisa Anda temukan pada dasbor pusat penjualan, di halaman detail produk dan di halaman toko. Rekomendasi website untuk konsumer review pada  Amazon sangat menarik.

Penjualan akan dinilai dari waktu pengiriman, keakuratan produk terhadap detail. Pengalaman layanan dari pelanggan secara signifikan dan waktu pengiriman

Sedangkan ulasan produk berisi penilaian terhadap produk, apakah sesuai dengan harapan customer. Amazon mengatur ulasan yang akan dimunculkan di halaman produk. 

Anda tidak bisa meminta keluarga atau teman untuk meninjau produk sendiri atau produk pesaing. Pelanggaran persyaratan ulasan akan dihapus oleh pihak Amazon.

Mendapat Ulasan yang Sah

Amazon telah merancang alat untuk membantu penjual untuk mendapatkan ulasan. Anda sebagai pendatang baru akan terbantu dengan alat ini. Berikut beberapa alat yang ada di Amazon.

Peninjauan Awal

Program peninjauan awal tersedia untuk semua pelanggan Amazon. Tujuannya untuk mendapat 5 ulasan. Walaupun jumlahnya di luar dugaan untuk saat ini bisa mencapai 20 ulasan.

Amazon Vine

Rekomendasi website untuk konsumer review dapat ditemukan pada Amazon Vine. Program eksklusif ini untuk mendeteksi merek yang terdaftar dalam program pendaftaran merek.

Amazon Vine mengundang pengulas paling terpercaya. Pengulas ini bertugas membuat postingan untuk membantu sesama pelanggan membuat keputusan pembelian.

Hal tersebut didasarkan peringkat yang menjadi cerminan dari kualitas ulasan yang diberikan. Nantinya akan dinilai oleh pelanggan lain. Ulasan yang ada pada Amazon Vine berasal dari pendapat independen.

Angie’s List

Customer bisa mempercayakan kebutuhan perbaikan rumah dengan mengunjungi  web Angie’s List. Ulsan jujur dari para customer bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Angie’s List juga menampilkan layanan eksterior dan interior rumah. Ulasan yang ada sudah terverifikasi dari pelanggan sebelumnya. Dari ulasan tersebut customer dapat membandingkan penawaran, memesan, pembiayaan dan lain sebagainya.

Layanan yang Ada

Layanan rumah populer yang ditawarkan diantaranya:

  • Jasa tukang
  • Desain interior
  • Pembersih jendela
  • Atap
  • Pembersihan rumah
  • Layanan hama
  • Jasa pembuatan pekarangan
  • Pembuatan rumput
  • Pekerjaan listrik

Kelebihan dan Kekurangan

Lebih dari 250.000 profesional tergabung dalam website ini. Customer dapat meneliti perusahaan lokal dengan membaca ulasan. 

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki website ini. Simak penjelasan berikut ini.

Kelebihan 

Angie’ List memiliki kelebihan, diantaranya:

  • Dapat digunakan secara gratis.
  • Menggunakan aplikasi seluler yang nyaman.
  • Ulasan pelanggan sudah melalui proses verifikasi.
  • Memiliki banyak opsi pembayaran yang dapat disesuaikan.
Kekurangan

Angel’s List Memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Apa saja kekurangannya? Simak beberapa diantaranya.

  • Banyak keluhan terkait panggilan dan email.
  • Layanan panggilan telepon hanya aktif pada hari kerja.

Dasar Ulasan

Rekomendasi website untuk konsumer review yang ada pada Angie’s’ List didasarkan pada:

  • Proses verifikasi  terlebih dahulu terhadap ulasan.
  • Untuk memastikan pemberi ulasan tersebut nyata, diperlukan informasi kontak.
  • Menggunakan perangkat lunak canggih untuk menjaga integritas ulasan.
  • Moderator rakan membaca terlebih dahulu ulasan yang masuk. Tujuannya untuk verifikasi kualitas dan kegunaan.

Google Bisnis

Google Bisnis sebagai aplikasi yang bertujuan agar customer bisa mendapat banyak informasi mengenai bisnis tertentu. 

Selain memuat informasi secara detail, Google Bisnis juga memberi petunjuk arah menuju kantor bisnis Anda. Customer akan lebih mudah menemukan lokasi bisnis. 

Manfaat Google Bisnis

Apa saja manfaat Google Bisnis? Simak beberapa manfaat berikut ini:

Menyediakan Informasi Valid

Menyediakan informasi yang valid mengenai sebuah bisnis. Calon customer akan mencari informasi terlebih dahulu  sebelum membeli  produk. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Muncul di Google

Akun Google bisnis dapat muncul di halaman pencarian Google. Hal ini bisa menjadi alat marketing yang ampuh untuk bisnis Anda.

Muncul di Maps

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan menggunakan Google Bisnis adalah muncul  di Maps. Akan membantu pelanggan mencari lokasi bisnis Anda.

Media Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah bisa terwujud menggunakan Google Bisnis. Menggunakan fitur pesan pertanyaan yang ada pada Google Bisnis. Saran dan pertanyaan akan lebih mendekatkan pemilik  bisnis dengan pelanggan.

Alat Analisis

Pemilik bisnis dapat melakukan evaluasi dan melakukan analisis setelah menerima rating dan review dari pelanggan. Segera respon jika pelanggan memberi komplain karena akan mempengaruhi rating.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*