About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Strategi Email Marketing Efektif yang Bantu Perkembangan Bisnis

Email marketing adalah salah satu cara untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan potensial maupun leads secara personal.

Hal ini masuk ke dalam langkah rencana digital marketing strategis yang efektif.

Email marketing merupakan kegiatan promosi digital yang ditujukan kepada sekelompok orang yang menjadi target dengan menggunakan media elektronik mail.

Dalam menjalankan bisnis, tidak terlepas dari kegiatan marketing atau pemasaran.

Marketing merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Bagi yang saat ini sedang ingin memulai bisnis dan ingin melakukan kegiatan marketing.

Anda bisa memanfaatkan email marketing sebagai salah satu cara promosi yang hemat dan mudah dilakukan.

Mulai dari membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya, dan mempromosikan produk tersebut kepada konsumen.

Email Marketing: Salah Satu Cara Promosi Usaha Mudah, Tanpa Ribet

email marketing

Kegiatan marketing itu sendiri bermacam-macam. Mulai dari direct sales, mempromosikan melalui social media, memasang iklan di radio, dan juga email marketing.

Jika bisnis yang digeluti sudah besar, mungkin ada banyak cara marketing yang bisa Anda lakukan.

Namun, ketika bisnis masih dalam skala kecil, kegiatan marketing menjadi salah satu tantangan besar.

Anda diharuskan untuk memikirkan bagaimana cara melakukan pemasaran yang baik. Tujuannya demi mengembangkan bisnis dengan biaya yang seadanya atau tidak banyak.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan cara bagaimana kegiatan marketing ini bisa memberikan keuntungan yang stabil bagi perusahaan di setiap bulannya.

Para pelaku bisnis kecil dan menengah banyak yang melihat manfaat dari email marketing.

Hal ini karena kampanye email marketing sangat hemat biaya dan mudah digunakan.

Ada berapa jenis email marketing yang biasanya dipakai untuk bisnis.

Berikut ini adalah 3 jenis email marketing yang perlu diketahui agar bisa digunakan dalam pengembangan bisnis:

Invitation Email

Jika hendak mengadakan kegiatan promosi, maka untuk mendorong pelanggan untuk hadir dapat menggunakan Jenis email ini.

Sebab bisa dikirimkan seminggu atau sehari sebelum kegiatan atau acara berlangsung.

Ini bisa membantu Anda mendorong pelanggan untuk hadir ke acara yang dibuat.

Invitation email ialah jenis email marketing yang dipergunakan untuk menjaga klien agar tetap selalu update pada acara-acara bisnis terbaru.

Contohnya, ketika Anda ingin mengadakan seminar atau workshop kegiatan bisnis yang melibatkan konsumen.

Atau ketika ingin mengundang konsumen untuk mengikuti pelatihan secara gratis dan lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Digest Email

Jenis digest email dibuat secara otomatis dan biasanya dengan menggunakan mailing list elektronik.

Di email ini, Anda bisa membatasi penerima email, misalnya 10 orang, 100 orang, 200 orang dalam satu kali pengiriman.

Anda dapat mengatur periode email digunakan, apakah akan dikirim per hari, per minggu, per bulan, per 3 bulan dan sterusnya.

Newsletter

Newsletter adalah jenis email marketing yang dapat menjaga loyalitas pelanggan serta bersifat informatif.

Anda dapat dengan mudah melalui penggunaan informasi di setiap berita bisnis ataupun promosi yang akan datang.

Sebuah newsletter bisa dikirimkan secara berulang-ulang dan secara regular, misalnya setiap sebulan sekali atau bahkan seminggu sekali.

Dengan menggunakan email ini Anda bisa menyisipkan link yang menuntun konsumen ke website bisnis Anda.

Strategi dalam Mengirim Email Marketing

email marketing

Jika Anda sudah menentukan versi email marketing yang akan digunakan. Maka, langkah selanjutnya yaitu perlu perhatikan poin pada email itu sendiri.

Karena banyak orang yang malas akan membaca email yang Anda kirimkan. Terlebih ketika email itu mengandung promosi sebuah produk.

Oleh sebab itu Anda harus menyusun strategi sebelum mengirim email tersebut agar efektif.

Strategi yang dapat Anda tiru serta diterapkan agar bisa membuat email marketing yang lebih efektif adalah seperti di bawah ini:

Subjek Email Menarik

Strategi pertama yang harus Anda perhatikan adalah subjek atau judul email itu sendiri.

Jangan menganggap remeh sebuah subjek email jika mengharapkan email marketing Anda dibaca dan mendapatkan respon dari konsumen atau pelanggan.

Itulah sebab pentingnya Anda memerhatikan subjek email tersebut untuk menarik minat konsumen atas isi email marketing yang dibuat.

Anda dapat membuat judul email yang memberikan kesan konsumen tertarget merasa penasaran.

Bisa dengan judul yang berupa kalimat tanya biasanya lebih mudah membuat pembaca merasa penasaran.

Apalagi pertanyaan tersebut menanyakan problem atau masalah yang sering mereka alami.

Hindari penggunaan kalimat yang terlalu sukar dipahami oleh kebanyakan orang.

Selain kalimat tanya, angka statistik juga membuat pembaca email anda merasa penasaran.

Misalnya “50 persen orang di Indonesia sudah menjadi konsumen kami, apakah Anda sudah menjadi salah satunya?”

Tampilan Email

Tidak semua email yang dibuka pelanggan dikarenakan penulisan subjek email yang menarik dan mengundang perhatian orang untuk membacanya hingga habis.

Sebuah penelitian yang dilakukan Direct Marketing Association menemukan bahwa 88 persen orang yang membuka email menyukai tampilan berupa konten HTML.

Sementara 12 persen sisanya menyukai tampilan atau konten email yang berupa teks.

Karena itulah, setelah menentukan subjek yang menarik, buatlah email dengan tampilan yang menarik perhatian pelanggan.

Dan juga bisa membuat pelanggan melakukan sesuatu di dalam email tersebut, misalnya menekan button atau tombol untuk mendapatkan promosi.

Tulis Email yang Memberi Kesan Eksklusif

Email yang isi kontennya personal berpeluang lebih banyak dibaca oleh penerimanya daripada email yang terkesan umum.

Pada dasarnya, satu email yang Anda kirimkan akan diterima oleh lebih dari satu orang.

Jika menggunakan gaya bahasa yang bagus serta konten yang tepat sasaran.

Email Anda akan terasa eksklusif ditulis dan dikirimkan hanya kepada satu orang saja oleh pembaca email anda.

Untuk dapat melakukan personalisasi isi email dengan baik. Anda bisa sering melakukan survei ataupun meminta masukan dari agensi digital marketing yang berpengalaman seperti Cloud Now.

KesimpulanTestimonial Pelanggan

Di dalam email marketing, bisa menambahkan konten tentang testimoni pelanggan.

Tujuannya agar meningkatkan efektivitas subscribe email untuk situs atau website Anda.

Bagi Anda yang menjalankan usaha masih dalam skala kecil, dapat mencantumkan foto pelanggan yang puas atas jasa atau produk yang ditawarkan.

Namun, bisa juga memakai testimoni dari influencer terkenal pada situs Anda.

Promo Hadiah

Untuk menarik pelanggan agar melakukan sesuatu dalam email juga bisa dengan menawarkan promo hadiah menarik kepada orang-orang yang telah menjadi pengikut.

Misalnya, dengan memberikan kode diskon, spesial promo atau memberikan give away yang bisa Anda cantumkan di dalam email marketing yang dikirimkan.

Anda bisa melakukan marketing dengan lebih tepat dengan memahami jenis email marketing dan strategi yang dilakukan ketika ingin mengirimkan email.

Menggunakan email marketing sebagai sarana promo produk, Anda bisa menjangkau banyak pelanggan hanya dengan sekali kirim email. Selain itu juga bisa menghemat waktu dan biaya.

Media promosi satu ini bahkan bisa menjadi lebih baik daripada Anda dengan beriklan melalui media konvensional seperti TV, radio, hingga media cetak.

Tentu saja kesemuanya pasti membutuhkan banyak biaya walaupun hal tersebut belum tentu efektif.

Jadi kesimpulannya, ketika bisnis masih kecil dan tidak memiliki biaya lebih untuk promosi, Anda bisa melakukan promosi melalui email marketing.

Dengan catatan harus dilakukan dengan baik dan tepat.

Sehingga bisa lebih mudah memperkenalkan serta memasarkan produk Anda ke pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas dan peluang yang lebih besar.

Selain memikirkan email marketing, Anda juga harus mulai memikirkan untuk memanajemen keuangan dengan lebih baik dan rapi.

Agar nantinya bisnis bisa menjadi lebih berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*