About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Social Media Management untuk Kepentingan Marketing

Social media management terbilang sangat penting di era digital seperti saat ini. Kemajuan teknologi membuat segalanya terlihat lebih praktis dan simpel.

Kemudahan dalam kecanggihan teknologi tersebut juga membuat para pelaku bisnis dapat lebih mudah memasarkan, mempromosikan serta menjual produknya.

Jika dulu Anda perlu tempat atau lokasi untuk membuka usaha yang disebut pemasaran offline, nah sekarang tidak mesti memerlukan tempat untuk berjualan.

Sebab, ada marketplace yang pemasarannya secara online. Namun, hal tersebut membuat persaingan juga lebih ketat.

Sehingga membuat para pelaku bisnis harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi agar tidak ketinggalan dengan para kompetitor.

Media sosial seperti facebook juga memiliki fungsi sebagai marketplace untuk mengembangkan bisnis Anda.

Maka, dibutuhkanlah kemampuan social media management untuk dapat memaksimalkan bisnis produk atau jasa yang digeluti.

Social Media Management: Skill Urgent yang Harus Dimiliki di Era Serba Internet

Social media management

Karena permasalahan itu, Anda sebagai pelaku bisnis wajib mengetahui tentang Social Media Management.

Sebenarnya Social Media Management adalah penggunaan berbagai alat pendukung, software dan layanan yang memudahkan pelaku bisnis dalam membagikan konten pada media sosial.

Hal yang bisa dikategorikan sebagai aktivitas di Social Media Management adalah menjadwalkan posting media sosial, mengelola respon yang cepat pada postingan.

Tidak hanya itu saja, tapi juga berinteraksi dengan target audience.

Pentingnya perusahaan menerapkan Social Media Management karena ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh oleh perusahaan.

Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut:

Menghemat Waktu

Dapat menghemat waktu lebih banyak dengan Social Media Management, tentunya dengan cara yang benar.

Seperti enjadwalkan posting tetap dan teratur, sehingga bisa lebih siap dan cermat dalam menyediakan konten.

Memperluas Pasar

Anda perlu memilih platform media sosial dan konten yang tepat untuk bisa menarik hati para konsumen.

Dengan cara aktif dan responsif di media sosial akan membuat bisnis menjadi lebih terbuka dan bisa menjangkau berbagai kalangan konsumen.

Memahami Konsumen dengan Lebih Baik

Melalui Social Media Management, pelaku usaha bisa melakukan analisis yang lebih dalam atas informasi para konsumen yang tercantum di akun media sosial mereka.

Seperti jenis kelamin, jenis pekerjaan, usia hingga tempat tinggal.

Meningkatkan Customer Support

Umumnya layanan ini membantu para konsumen untuk mendapatkan pelayanan yang berhubungan dengan bisnis dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Hal ini menjadikan Customer support sebagai salah satu hal penting dalam internal operasional perusahaan.

Pengawasan yang Lebih Baik

Pada dasarnya, pemilik bisnis bisa melakukan pengawasan dengan memonitor komentar dan feedback orang lain di akun yang dimiliki.

Efeknya Anda dapat mengawasi pamor brand dengan lebih baik melalui media sosial.

Apabila akun media sosial ingin dijalankan dengan profesional dan hasil yang optimal, dapat memakai penyedia jasa layanan Social Media Management yang terpercaya.

Perlu diingat, dalam memakai penyedia jasa layanan tersebut dilakukan bila bisnis sudah besar dan memiliki budget lebih.

Namun, jika bisnis masih tergolong baru dan tidak memiliki budget yang lebih, maka lebih baik mengelola media sosial sendiri.

Sebab, tidak terlalu sulit untuk mengelola media sosial selama sudah memiliki strategi dan rencana yang matang.

Menjaga profesionalitas dalam menjalankan manajemen media sosial sendiri akan menjadi salah satu nilai lebih.

Persiapan untuk Mengelola Media Sosial dalam Social Media Management

Social media management

Jika media sosial digunakan untuk keperluan pribadi, menggunakannya memang tidak memusingkan.

Anda tidak harus memikirkan persiapan atau bahkan strategi penggunaannya.

Namun berbeda jika dipakai untuk keperluan bisnis atau pemasaran. Hal ini menjadikan rencana persiapan pengelolaan jadi penting.

Sebagai pendukung kegiatan marketing, memikirkan teknis penggunaan sosial media secara matang dan melakukan persiapan yang diperlukan, jelas sangat penting.

Tidak hanya itu saja, tapi juga untuk memastikan efektivitas media sosial.

Tak hanya efektivitas kontennya, tapi juga dampaknya terhadap bisnis, serta jasa atau produk yang ditawarkan.

Setiap media sosial tidak hanya punya fungsi khusus, tapi juga karakteristik pengguna dengan perilaku digital yang berbeda.

Meski pemilik usaha dapat memilih bebas platform media sosial yang mau digunakan.

Tetap saja sangat penting untuk menentukan beberapa hal dulu sebelum akhirnya memilih platform media sosial yang dibutuhkan.

Menentukan Tujuan

Anda mesti menetapkan tujuan dulu secara spesifik dengan tolak ukur yang jelas.

Jika ingin meningkatkan awareness terhadap brand produk tertentu, maka yang harus diukur adalah jumlah views terhadap konten yang memuat brand tersebut.

Menetapkan Sasaran

Dalam menetapkan sasaran, tentunya juga berlaku dalam tahapan pengelolaan media sosial ini.

Seperti jenis kelamin, jenis pekerjaan, dan umur sasaran audience untuk mencapai tujuan di tahap pertama

Apabila sudah tahu sasarannya, lengkapi informasi tentang perilaku sasaran dan karakteristiknya.

Misalnya, jenis platform media sosial yang aktif digunakan, apa tujuannya, sampai durasi waktu penggunaan.

Merancang Konten

Tentukan format yang kemungkinan paling menarik untuk audiens sasaran.

Rancang konten berdasarkan informasi tentang audiens yang disasar. Pastikan juga gaya pendekatan yang dirasakan cocok dengan mereka.

Kategori ini penting dilakukan setelah menetapkan sasaran dan sebelum masuk pada tahap memilih layanan yang digunakan.

Memilih Platform Media Sosial

Tujuan sudah terang, sasaran sudah pasti, konten pun sudah dirancang.  Saatnya sekarang untuk memilih tempat mempostingnya.

Selanjutnya, identifikasi platform media sosial yang sudah digunakan audience Anda.

Ini membantu pemilik bisnis untuk tetap berhubungan dengan audience.

Caranya dengan melakukan survei sederhana pada audience.

Tanyakan pada mereka jenis-jenis media sosial yang mereka gunakan serta para influencer yang mereka ikuti.

Jadi, pilihlah platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh calon target Anda.

Menentukan Pengukuran Performa

Kegiatan pemasaran menggunakan media digital atau online salah satu keunggulannya adalah semua bisa diukur dan dicatat performanya.

Hal ini bertujuan untuk memantau efektivitas kegiatan yang dilakukan di media sosial.

Sehingga bisa terus mengembangkan kegiatan di media sosial dalam jangka panjang.

Setelah tahu apa yang mau diukur, cari layanan atau fitur yang memungkinkan bagi Anda.

Sehingga Anda mendapatkan yang mau diukur performanya secara periodik, per hari, per pekan, sampai per bulan.

Apabila sudah dikerjakan langkah-langkah di atas, kegiatan di media sosial bisa mulai berjalan.

Perlu Anda perhatikan, pada saat menjalankan kegiatan di media sosial bukan hanya tentang menyajikan konten.

Tapi juga interaksi dua arah dengan audiens serta membangun relasi dengan mereka.

Inilah beberapa informasi seputar tips memilih media sosial. Sebelum memutuskan memakainya untuk kepentingan bisnis Anda.

Maka, Anda harus pastikan platform media sosial tersebut sesuai dengan sasaran audience, brand, serta produk dan layanan yang diberikan untuk bisnis Anda.

Jika masih ragu memilih media sosial untuk bisnis, yang Anda butuhkan adalah agensi layanan jasa social media marketing.

Cloud Now hadir dengan menawarkan jasa social media management yang akan membantu Anda menghandle segala hal yang terkait dengan pemasaran di media sosial.

Tentunya semua dilakukan dengan tepat dan terukur sesuai dengan target yang hendak dicapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*