About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

6+ Cara Riset Keyword Dengan Tools Gratisan

cara riset keyword

Keyword atau kata kunci adalah frasa yang diketikkan user internet di mesin pencari atau di platform. Cara riset keyword sebenarnya tidak sulit, bahkan bisa dilakukan dengan tools gratisan.

Tools Cara Riset Keyword Gratis

Jika Anda membuka sebuah platform, katakanlah YouTube untuk mencari sebuah video. Tentu ada kalimat yang diketikkan di kolom pencarian bukan?

Nah, itulah keyword. Hal yang sama juga berlaku di Google dan mesin pencari lainnya. Agar konten Anda muncul, harus mengandung keyword tersebut. Itulah sebabnya harus merisetnya terlebih dahulu.

Penasaran bagaimana cara riset keyword yang mudah dengan tools gratisan? Simak 6 tools-nya beserta penjelasan di bawah ini.

Semrush

Nama Semrush sudah sangat populer di kalangan pelaku SEO dan pembuat konten. Tools ini memiliki fitur lengkap untuk riset keyword.

Selain dapat memunculkan volume pencarian dan tingkat kesulitan, Semrush juga dapat menampilkan pilihan long tail keyword.

Anda dapat memilih dan memakainya untuk dijadikan keyword tambahan. Walaupun ada versi berbayar yang jauh lebih lengkap, tetapi Semrush gratisan sudah memadai untuk riset KW standar.

Keywordtool.io

Keywordtool.io cocok untuk Anda yang ingin mencari long tail keyword. Long tail keyword adalah KW yang terdiri dari minimal 3 kata.

Jenis KW ini jauh lebih spesifik dan cocok untuk menargetkan segmen tertentu. Nah, Keywordtool.io membantu menemukan ide KW sekaligus merekomendasikan versi long tail-nya.

Anda dapat menggunakan hasil riset dengan tools ini untuk Google, Bing, Amazon, YouTube, eBay, Instagram, dan Twitter.

Jadi bukan hanya untuk mesin pencari, tetapi juga marketplace dan platform media sosial. Sudah lengkap, gratis pula!

Ubersuggest

Tools besutan Neil Patel ini sangat mudah digunakan, bahkan bagi pemula. Versi gratisannya memberikan kesempatan untuk meriset 3 KW sehari.

Di sini Anda akan mendapatkan saran KW sekaligus informasi volumen pencarian, contoh konten yang relevan, tingkat kesulitan, dll.

Sekarang Ubersuggest juga sudah memakai AI writing. Cukup masukkan KW yang Anda inginkan, masukkan nama bahasa, dan klik ‘Write for Me’

Sayangnya walau sudah tersedia dalam 50 lebih bahasa, layanan ini belum mendukung penulisan dalam Bahasa Indonesia. Perlu upgrade ke versi premium juga jika ingin fitur lengkap.

AnswerThePublic

AnswerThePublic juga telah diakuisisi oleh Neil Patel, pemilik Ubersuggest. Alat ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sering kesulitan membuat kerangka konten.

Cara menggunakannya sangat mudah. Masukkan kata kunci dasar yang Anda ingin riset, misalnya ‘optimasi SEO’.

Lalu AnswerThePublic akan menunjukkan puluhan pertanyaan yang sering diajukan orang mengenai KW ini di mesin pencari. Lengkap pula dengan key indicator yang menunjukkan pertanyaan mana yang sering diajukan.

AnswerThePublic juga akan menunjukkan volume pencarian yang ditunjukkan dalam tab data, dengan kata tanya terpisah di masing-masing tabel.

Pertanyaan-pertanyaan itu dibagi ke dalam beberapa bagian. Yaitu 5W1H serta auxiliary verb dan to be, yaitu will, which, dan are.

Tampilan AnswerThePublic akan lebih mendekati tampilan People Also Ask di halaman Google, berbeda dengan rata-rata alat riset tools lainnya.

Dengan bantuan alat ini, mengembangkan keyword akan jauh lebih mudah. Isi konten juga lebih relevan.

Google Keyword Planner

Sebenarnya, Google Keyword Planner lebih ditujukan pada pencarian keyword SEM atau Google Ads. Namun bisa juga kok digunakan untuk meriset kata kunci SEO.

Di Google Keyword Planner, Anda dapat melihat saran KW, tingkat kesulitan, dan berapa nilai cost per click nya.

Fitur utamanya ada dua, yaitu Discover New Keyword yang membantu menemukan ide-ide keyword SEO maupun untuk Google Ads.

Lalu ada Get Search Volume and Forecast. Fitur ini menunjukkan performa keyword yang Anda pilih. Walaupun sangat standar, tetapi cukup memadai untuk membuat konten yang bersaing.

KWFinder

Selain untuk SEO, KWFinder juga cukup mumpuni untuk diajak meriset kata kunci marketplace. Tampilan antarmukanya yang sederhana dan mudah di-track sangat ramah pemula.

Tools ini sebenarnya bagian dari SEO Tools Mangool. Sehingga fiturnya juga lengkap. Anda dapat mencari KW potensial dan volume pencarian serta tingkat kesulitannya.

KWFinder juga dapat digunakan untuk meriset KW untuk local SEO, analisis backlink, analisis SERP, dan tracking konten. Sangat bagus untuk Anda yang ingin membuat konten bertarget transaksi/penjualan.

Cara Riset Keyword Tanpa Tool: SERP

Selain enam tools untuk meriset keyword di atas, ada satu cara lagi yang juga mudah, yaitu menggunakan SERP (Search Engine Result Page) atau hasil pencarian Google.

Langkah Pencarian Keyword Tanpa Tools

Caranya, ketikkan keyword yang Anda inginkan di kolom pencarian. Keyword pendek saja dulu, misalnya ‘menurunkan berat badan’.

Maka akan muncul sederetan long tail keyword yang mengandung kalimat tersebut dan dapat Anda pilih salah satunya. Setelah memilih salah satu, lihat bentuk konten organik yang muncul di SERP.

Apakah bentuknya artikel? Video? Produk? Hasil teratas dan terbanyak adalah bentuk konten yang Anda buat. Risetlah 3 konten teratas dan lihat kelemahan serta isinya.

Anda harus membuat yang lebih lengkap dan relevan dari ketiga konten tersebut. Maka konten Anda akan menjadi solusi yang lebih baik menurut mesin pencari.

Cara Riset Keyword Lihat Sesi

Selanjutnya lihat sesi ‘People Also Ask’ di bagian tengah SERP. Pertanyaan yang muncul di sana dapat menjadi ide keyword dan subtitle untuk konten Anda.

Pilih 2-3 pertanyaan teratas saja, karena semakin kebawah biasanya semakin tidak relevan dengan keyword utama yang sudah dipilih. Anda juga bisa melihat contoh konten yang membahas setiap pertanyaan.

Langkah selanjutnya adalah membuat kerangka konten Anda dan tinggal mengembangkannya saja. Jangan lupa sebarkan keyword di elemen-elemen kuncinya. Mudah bukan?

Dalam SEO, konten bukan hanya harus terbaca Google, tetapi juga enak dibaca manusia. Memang membutuhkan usaha di awal, tetapi selanjutnya akan semakin mudah.

CloudNow juga dapat membantu Anda membuat konten menarik dan relevan sekaligus mengoptimasi SEO-nya. Langkah ini dilakukan secara menyeluruh pada konten, URL, backlink, dan situs.

Artinya CloudNow juga akan mengaudit dan memperbaiki situs Anda, sehingga dapat tampil di halaman pertama Google.

Mengoptimasi SEO biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan sampai hasil optimalnya terlihat. Namun CloudNow dapat melakukannya dalam 3-4 bulan saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kontak kami segera untuk penawaran kerja sama yang menarik atau berkonsultasi seputar SEO dan digital marketing.

Anda juga dapat melihat langsung daftar layanan lengkap dan list harga kami di laman situs. Karena CloudNow juga membantu Anda untuk mendapatkan web hosting dan domain.

Kami juga membantu Anda mengoptimasi TikTok dan Facebook Ads, juga social media management.

Padukan cara riset keyword dengan optimasi SEO lainnya bersama CloudNow agar situs Anda berhasil menembus halaman pertama Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*