About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

10 Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis

Banyak pemilik bisnis yang masih belum mengetahui apa saja keunggulan email marketing untuk bisnis.

Padahal di zaman yang serba digital ini, hal tersebut adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnis yang dikelola.

Apa pun model bisnis yang digeluti, Anda bisa menggunakan email marketing untuk bisnis dapat membangun hubungan dengan calon konsumen hingga meningkatkan penjualan.

Pengertian Email Marketing untuk Bisnis

email marketing untuk bisnis

Email marketing adalah salah satu strategi yang dianjurkan untuk mempromosikan produk secara online.

Strategi pemasaran online ini sangat direkomendasikan apabila Anda ingin mengembangkan bisnis di dunia digital.

Nah, apa itu email marketing?

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan email untuk mengirimkan promosi.

Namun, tidak hanya itu itu saja. Anda dapat mengirim email marketing dengan tujuan pemasaran lainnya langsung kepada email customer.

Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis

email marketing untuk bisnis

Keunggulan Email Marketing tidak hanya untuk dijadikan sebagai bagian dari strategi pemasaran saja.

Ada banyak keunggulan yang dimilikinya yang bisa Anda manfaatkan untuk kemajuan bisnis yang dimiliki.

Berikut beberapa keunggulannya:

Mudah Digunakan

Email merupakan sarana pemasaran online yang paling mudah digunakan dibandingkan platform pemasaran online lainnya.

Sebagai pebisnis, pasti Anda sudah memiliki email.

Tidak hanya memiliki email saja, namun Anda juga mestinya aktif dalam menggunakan email untuk mengirim pesan terkait urusan bisnis.

Hal yang dibutuhkan dalam membuat email marketing adalah isi pesan yang unik, kreatif, dan mampu menarik penerima yang dituju untuk melakukan sesuatu.

Misalnya, untuk mengunjungi website perusahaan atau bahkan melakukan kegiatan transaksional.

Hanya Perlu Biaya yang sedikit

Anda bahkan dapat memulai strategi pemasaran email marketing ini tanpa biaya sekalipun.

Penggunaan strategi pemasaran email marketing tidak hanya mudah, tapi juga mempunyai keunggulan dari segi biaya.

Untuk hasil strategi yang lebih efektif, haruslah sering memakai email marketing dalam mempromosikan produk bisnis Anda.

bukan hanya 1 sampai 5 kali, tapi haruslah berkali-kali.

Tujuannya agar peluang mendapatkan konsumen terbuka lebar. Juga, untuk membuat konsumen akan terus membeli produk atau bahkan mengingat nama brand.

Tetapi harus diingat, Anda mesti mengatur pengiriman email kepada calon konsumen agar mereka tidak bosan menerima email.

Oleh karena itu harus membangun email list terlebih dahulu.

Namun, untuk hasil strategi yang lebih efektif, seiring berjalannya waktu tentu saja harus membuat perkembangan terhadap strategi email marketing ini.

Meskipun demikian, biaya yang dikeluarkan akan tetap jauh lebih rendah dan hasil yang didapatkan bisa membawa keuntungan bagi bisnis Anda.

Dampaknya Langsung Dirasakan

Anda akan merasakan dampaknya secara langsung dibandingkan pemasaran online dengan menggunakan media sosial.

Apalagi jika email marketing untuk bisnis yang dikirimkan berisi promosi dan didukung dengan isi pesan yang menciptakan kebutuhan serta rasa urgensi dari konsumen.

Bukan tidak mungkin, Anda akan merasakan dampaknya dalam waktu 24 jam setelah email marketing dikirimkan kepada customer.

Karena email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat membangun hubungan antara pemilik bisnis dengan konsumen.

Hal ini memberikan keunggulan tersendiri untuk strategi pemasaran online

Menjangkau Calon Pelanggan Dari Manapun

email marketing untuk bisnis

Anda tentu memahami pola kerja internet yang dapat menghubungkan orang dari jarak yang paling jauh atau bahkan di belahan bumi yang lain sekalipun.

Oleh karena itu, peluang ini dapat digunakan dengan mengirimkan email marketing kepada customer atau calon pelanggan di mana saja.

Di zaman yang serba online ini, menggunakan email marketing dapat memberikan keuntungan dan peluang yang besar bagi para pemilik bisnis.

Gampang Menargetkan Penerima Email Marketing

Email marketing juga dapat digunakan untuk menargetkan pasar tertentu sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Keuntungan Meningkat

Email marketing merupakan strategi pemasaran online yang dapat mendorong customer untuk membeli sebuah produk atau jasa secara impulsif.

Salah satu keunggulan yang sudah pasti akan dirasakan dalam menggunakan email marketing adalah keuntungan bisnis yang meningkat.

Hal ini dikarenakan adanya rasa urgensi yang terbentuk ketika mereka melihat penawaran yang dikirimkan melalui email marketing.

Proses dan Hasil Mudah Diukur

Dengan adanya pengukuran, Anda dapat melakukan review serta evaluasi yang dapat berguna untuk rancangan strategi bisnis ke depannya.

Seluruh proses serta pencapaian dapat dianalisa dan juga diukur dengan beberapa tools tertentu dalam melakukan pemasaran online, termasuk email marketing untuk bisnis.

Menghindari Email Marketing Masuk ke Spam

Jangan sampai pesan promosi dianggap sebagai email spam.

Ini merupakan salah satu musuh terbesar para marketer dan pebisnis yang menjalankan email marketing.

Sebab, email campaign yang dibuat dengan susah payah jadi sia-sia.

Mungkin penyebabnya email Anda terdeteksi sebagai konten berbahaya.

Bisa saja, penerima yang menandai email sebagai spam, judul email yang tidak relevan, mengirimkan banyak lampiran, dan sebagainya.

Mengoptimalkan Email untuk Perangkat Mobile

Jika desain email yang dikirimkan tidak responsif, bisa saja desainnya terpotong.

Hal ini berakibat pada informasi yang diterima jadi tidak utuh ketikapenerima membuka email melalui perangkat mobile.

Tak hanya isi badan email saja, pastikan judul email yang dikirimkan juga mobile friendly.

Sebab, semenarik apa pun judul email, kalau judulnya terlalu panjang dan tidak disesuaikan dengan smartphone, judul yang ditampilkan hanya sebagian.

Sehingga membuat email yang Anda kirimkan menjadi sia-sia.

Menganalisa Performa Email Marketing

Pada saat membuat email marketing untuk bisnis, yang tidak boleh Anda lewatkan ialah menganalisis performanya.

Tujuannya untuk mengukur efektivitas campaign Anda. Sehingga Anda bisa melakukan evaluasi jika dibutuhkan.

Menganalisis performa email marketing untuk bisnis bertujuan untuk untuk mengukur efektivitas campaign Anda.

Sehingga bisa melakukan evaluasi jika dibutuhkan. Langkah tersebut tidak boleh Anda lewatkan, sebab dapat memaksimalkan performa email marketing

Berikut ini beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan:

  • Open Rate adalah mengukur persentase orang yang membuka email marketing di kotak masuk sasaran.
  • Deliverability untuk mengukur tingkat email marketing Anda telah sampai di kotak masuk sasaran. 
  • Click Through Rate, mengukur jumlah orang yang klik CTA di email marketing Anda.
  • Bounce Rate, mengukur persentase waktu orang-orang menutup email Anda.
  • Unsubscribes, mengukur jumlah orang yang klik unsubscribe atau memutuskan berhenti langganan email marketing Anda.

Anda bisa mendapatkan hasil analisis tadi lewat jasa platform email marketing yang Anda pakai.

Untuk dapat menawarkan email marketing untuk bisnis, tentunya Anda paling tidak memiliki website dan akun media sosial lainnya.

Untuk dapat mengoptimalkan website dan media sosial lainnya, terkadang tidak bisa dilakukan sendiri.

Maka, Anda akan membutuhkan agensi yang bertugas untuk mengotimalkan performa website bisnis yang dimiliki.

Cloud Now hadir sebagai jasa penyedia layanan digital marketing untuk Anda.

Di sini Anda akan dilayani dengan ramah dan diberikan penawaran terbaik dengan kualitas top.

Jadi, tunggu apa lagi? Percayakan strategi digital marketing Anda pada Cloud Now.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*