About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Pengertian dan Strategi Facebook Marketing Ampuh untuk Bisnis!

Di era serba digital seperti saat ini, sebaiknya pebisnis menggunakan Facebook Marketing untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebab, platform satu ini bisa dibilang sebagai salah satu media sosial yang terkenal dengan pengguna yang sangat banyak.

Potensi jumlah user ini dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Itulah alasannya mangapa Facebook marketing sudah menjelma menjadi sebuah strategi yang wajib, terutama untuk bisnis online.

Facebook bisa dipakai untuk menawarkan produk sekaligus sebagai wadah komunikasi intens dengan para pembeli yang juga memakai akun facebook tentunya.

Facebook marketing merupakan strategi penawaran pada suatu produk. Biasanya dilakukan dengan cara menarik perhatian pembeli, memakai beragam informasi yang terkait produk yang ditawarkan.

Media sosial seperti Facebook, sudah sangat umum dipakai untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk tujuan bisnis.

Bahkan, perusahaan besar menggunakan facebook untuk memasarkan produk mereka. Sebut saja salah satunya adalah perusahaan Microsoft.

Kelebihan Facebook Marketing sebagai Strategi Bisnis

Facebook marketing

Melansir dari website resmi Facebook, pengguna aktif media sosial ini diklaim berada di angka 2 miliar.

Dengan jumlah tersebut, menggunakan Facebook marketing sebagai strategi pemasaran jelas memiliki potensi yang baik.

Pada Facebook terdapat fitur yang akan membantu Anda untuk membagikan konten produk pada jam-jam tertentu, yakni saat audiens Anda sedang online.

Fitur tersebut adalah fitus posting terjadwal atau scheduled post. Fitur ini sangat berguna untuk kegiatan pemasaran.

Setiap kali Anda memposting foto, ilustrasi ataupun video panorama yang sifatnya lebih interaktif akan terlihat lebih menarik dengan menggunakan fitur Facebook 360.

Berikut beberapa kelebihan dari social media marketing Facebook:

Mudah dalam Penggunaannya

Facebook Marketing mampu menawarkan kemudahan untuk penggunanya. Hal ini dikarenakan Facebook adalah platform media sosial yang sangat ramah bagi usernya.

Untuk dapat memulai kegiatan pemasaran lewat Facebook, sebaiknya terlebih dahulu Anda membuat Facebook Page sebagai langkah awal.  

Mengapa penting untuk membuat Facebook Page terlebih dahulu?

Sebab, Facebook Page merupakan halaman publik dari Facebook yang dibuat secara eksklusif. Biasanya dipakai untuk brand populer, bisnis, selebriti, organisasi, dan bisnis.

Membuatnya pun sangatlah mudah. Anda cukup masuk ke link Facebook Page. Setelahnya tentukan jenis bisnis kemudian melengkapi beragam data profil yang dibutuhkan.

Jangkauan Audiens yang Sangat Luas

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa pengguna aktif dari media sosial Facebook berkisar 2 miliar orang.

Dengan tingkat jangkauan audiens yang sebesar dan luas karena bisa melampau batas wilayah kota atau negara.

Maka, proses promosi produk atau jasa milik Anda akan mampu memberikan hasil yang lebih baik.

Terlebih, jika target konsumen adalah warga Indonesia, maka ada kabar baik untuk Anda. Yakni, setengah dari jumlah penduduk Indonesia adalah penggguna aktif Facebook.

Bisa terbayang, bukan, luasnya jangkauan target Facebook marketing?

Menciptakan Brand Awareness

Sejauh ini Facebook memang terbukti mampu membantu untuk membangun brand awareness produk atau jasa secara baik.

Namun, sebelum memanfaatkannya Anda haruslah mempunyai strategi yang tepat dulu dengan cara melakukan riset.

Bila target pemasaran Anda adalah wanita muda, maka buatlah postingan yang menarik yang sesuai dengan gaya mereka.

Strategi Ampuh dalam Melakukan Facebook Marketing

Facebook marketing

Berdasarkan laman SproutSocial, hampir 80 persen tujuan dari Facebook Marketing adalah untuk membangun brand awareness.

Tujuan lain dari Facebook Marketing adalah untuk meningkatkan konversi (30 persen), traffic website (54 persen), dan meningkatkan engagement (65 persen),

Miliki Tujuan yang Jelas

Sebagai tolak ukur keberhasilan dari pemasaran yang Anda lakukan dengan menggunakan Facebook Marketing adalah tujuan yang jelas.

Untuk bisa menemukan tujuan dari strategi pemasaran yang hendak dilakukan, Anda bisa memulainya dengan membuat survei pelanggan.

Nantinya Anda akan memperoleh gambaran strategi yang tepat untuk dijalankan. Misalnya, ke mana arah tujuan dari dilakukannya Facebook marketing tersebut.

Anda bisa mulai menggunakan Facebook Marketing untuk meningkatkan engagement bisnis.

Tentunya hal ini bisa dilakukan ketika produk atau brand Anda sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Mengenali Target Pasar

Untuk dapat menjalankan Facebook marketinh, haruslah mengenali target pasar terlebih dahulu.

Hal ini akan berkaitan pada penentuan besaran anaggran untuk iklan sampai dengan jenis konten yang tepat untuk diposting.

Maka, Anda dapat mulai dengan melakukan riset kemudian dilanjutkan dengan membangun buyer persona. Lalu terakhir, menentukan brand positioning.

Melakukan riset menentukan target pasar juga sangat mudah di dalam Facebook marketing.

Sebab, penentuan target audiens bisa dilakukan dengan didasarksn pada data pelanggan yang sudah dimiliki.

Menggunakan Facebook Ads Anda dapat memakai fitur costum audience untuk lebih mempersempit target.

Jika Anda tidak bisa melakukannya secara mandiri, Cloud Now akan hadir untuk mendampingi dan membantu dalam melakukan riset.

Membuat Konten yang Menarik

Facebook marketing

Pada saat hendak memposting konten dalam format gambar, usahakan tidak memposting teks saja. Namun, dilengkapi pula dengan foto dan video yang menunjang.

Cara ini berlaku dalam setiap postingan Facebook Page atau ketika beriklan dengan menggunakan Facebook Ads.

Dilansir dari laman resmi Wordstream, pemakaian video dapat menarik konsumen hingga 46 persen untuk melakukan pembelian produk atau berlangganan jasa.

Buatlah konten yang ringan, tapi tetap dapat menggambarkan bisnis secara jelas.

Ada banyak konten video yang bisa dibuat, seperti video cara pemakaian produk, pembaharuan produk, hingga testimoni.

Menjadwalkan Waktu Posting Secara Teratur

Menjadwalkan waktu posting memiliki peranan penting dalam Facebook marketing.

Terlalu sering memosting hanya memberikan efek baik lebih sedikit untuk bisnis. Sebab, kualitas konten menjadi kurang maksimal dan memberikan kesan kurang baik di mata konsumen.

Begitu juga sebaliknya. Terlalu lama tidak melakukan update posting juga berpengaruh pada engagement.

Secara global waktu untuk memosting konten yang ideal dimulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa waktu ideal posting berbeda-beda, tergantung pada jenis bisnis dan target audiens.

Aktif Berinteraksi dengan Audiens

Sebagai sebuah media sosial dengan pengguna terbanyak, Facebook dapat dijadikan wadah komunikasi.

Di dalam Facebook marketing, melakukan komunikasi dengan audiens menjadi salah satu tujuannya.

Artinya, Anda jangan hanya berfokus dalam memproduksi konten saja, tapi melupakan komunikasi dengan audiens.

Nantinya, ketika Anda sering melakukan diskusi atau berbalas komentar dengan audiens, tingkat engagement akan terbentuk dengan sendirinya.

Itulah keuntungan yang didapatkan dari melakukan kegiatan komunikasi dua arah.

Menentukan Budget

Bagi pemilik usaha kecil, memulai melakukan Facebook marketing bisa diawali dengan membuat konten gratis atau yang berbiaya murah.

Pada umumnya untuk pembiatan sebuah konten untuk Facebook marketing akan membutuhkan biata. Maka, tentukan budget iklan yang efektif.

Di dalam Facebook Marketing terdapat berbagai pilihan penggunaan anggaran biaya yang bisa Anda gunakan. Mulai dari page like ads, boosted posts, sampai lead generation ads.

Untuk memudahkan bisnis Anda mencapai target yang diinginkan, Cloud Now akan hadir untuk mengurus pemasaran produk atau jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*