About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

6 Strategi Instagram Marketing untuk Dongkrak Pamor Usaha!

Instagram marketing

Instagram marketing merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki secara online.

Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa itu Instagram marketing?

Instagram marketing merupakan sebuah upaya pemasaran yang dilakukan tentu saja melalui Instagram.

Pemasaran melalui Instagram marketing bisa dibilang seperti pemasaran pada umumnya yang dilakukan di media sosial.

Setidaknya ada dua jenis strategi marketing Instagram, yakni organik dan berbayar.

Strategi secara organik biasanya Anda harus melakukan beberapa hal seperti memposting konten, membuat Instagram Stories, atau menggunakan Instagram TV.

Sementara untuk yang berbayar, Anda biasanya memakai promosi yang dilakukan oleh influencer atau dengan Instagram Ads.

Ada hal mendasar yang harus diketahui, yakni Instragram adalah platform yang kontennya mengandalkan daya visual.

Maka, strategi untuk Instagram marketing jelas akan berbeda dengan media sosial lainnya seperti Twitter atau Facebook.

Salah satu strateginya adalah konten in the moment. Sebab, para pengguna medsos ini menyukai konten yang up to date.

Itu sebabnya, harus mengusahakan melakukan posting harian agar tetap relevan dengan perkembangan di setiap harinya.

Masih ada 6 strategi Instagram marketing lainnya yang layak untuk diterapkan pada produk atau jasa yang Anda miliki.

Strategi Instagram Marketing dengan Menggunakan Akun Bisnis

instagram marketing

Strategi pertama dari Instagram marketing wajib untuk Anda lakukan. Menggunakan akun bisnis akan memudahkan calon konsumen untuk menghubungi.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga akan memberi kesan lebih profesional pada usaha yang dimiliki.

Apabila menggunakan Instagram akun bisnis, ada beberapa fitur yang bisa diaksen dan tidak akan ditemui pada akun IG pribadi.

Adapun fiturnya adalah Anda bisa membuat Instagram Ads juga dapat mengakses Insights.

Fitur Insights berfungsi untuk menganalisis serta memberikan statistik yang berkaitan dengan akun Anda.

Instagram Marketing dengan Mengoptimasi Profil Bisnis yang Dimiliki

Strategi Instagram marketing yang berikutnya adalah melakukan optimasi profil akun Instagram.

Dengan profil usaha yang tampak profesional dapat menarik banyak calon konsumen.

Jika kesulitan untuk mengoptimasi profil akun Instagram yang dimiliki, bisa menggunakan jasa digital marketing social media di Cloud Now.

Anda akan diberikan pelayanan terbaik dan berkualitas serta profesional sehingga akun Instagram yang dimiliki dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Strategi Instagram Marketing: Mengenali Jenis Postingan yang Ada di Instagram

instagram marketing

Seperti diketahui postingan di Instagram mengutamakan tampilan visual yang menarik. Maka, harus membuat konten yang berkualitas agar pemasaran menjadi lebih efektif.

Ada 4 macam pembagian konten yang ada di Instagram, yakni Instagram Stories, feed Instagram, Instagram TV, dan Instagram Live.

Anda harus mengoptimalkan keempat jenis konten tersebut agar akun bisnis dapat dimaksimalkan potensinya.

Di bawah ini cara mengoptimalkan keempat jenis konten yang tersebut di atas:

Optimasi Feed Instagram

Pada saat menggunakan Instagram marketing, Anda diwajibkan untuk rajin membuat konten sekaligus mempostingnya.

Konten yang akan di posting tersebut haruslah cocok dengan brand dan juga dapat diterima oleh follower.

Maka, mengetahui jenis konten yang cocok untuk di posting menjadi sangat penting.

Konten yang ada di Instagram dapat berupa gambar atau video. Untuk video, maksimal durasi yang diberikan adalah 60 detik.

Sementara untuk dimensi videonya adalah 1080 x 1350 untuk landscape dan 1080 x 608 untuk portrait.

Optimasi Instagram Stories

Untuk Instagram marketing dengan mengoptimalkan postingan lewat Instagram Stories akan berbeda dengan postingan lainnya.

Stories yang Anda buat hanya akan bertahan selama 24 jam. Setelah lewat dari 24 jam, secara otomatis stories akan menghilang.

Instagram stories memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Posisi stories yang berada di paling atas feed, menjadikannya sebagai hal pertama yang dilihat oleh follower Anda ketika mereka membuka IG
  • Meski stories hanya bertahan 24 jam, tapi tetap bisa disimpan di ponsel Anda sehingga dapat dipakai ualng di waktu berbeda
  • Maksimalkan stories dengan filter atau sticker yang sudah disediakan untuk membuatnya lebih menarik
  • Bisa pula dengan menggunakan aplikasi edit gratis seperti Canva atau PicArts untuk membuat stories lebih keren lagi
  • Dapat menandai akun seseorang di stories. Fitur ini berguna ketika Anda sudah bekerja sama dengan influencer atau brand
  • Tidak ada jam khusus untuk membuat stories
  • Stories yang dibuat jumlahnya tidak terbatas

Optimasi Instagram Live

Meningkatkan engagement dengan menggunakan Instagram Marketing juga dapat dicoba lewat Instagram Live.

Disebutkan dalam sebuah penelitian, sekitar 80 persen pengguna mendsos satu ini, sangat senang menonton siaran langsung ketimbang membaca artikel.

Jangan lupa untuk mengumumkan kepada follower Anda kapan dan jam berapa akan melakukan live.

Pengumuman bisa Anda buat lewat postingan pada feed atau memanfaatkan Instagram Stories.

Tujuannya tentu saja agar ada banyak pengguna atau follower yang menonton siaran langsung Anda.

Semakin banyak yang menonton, kemungkinan untuk ditampilkan di Top Live pada Explore menjadi sangat tinggi.

Siaran langsung yang dibuat bisa diposting dalam bentuk stories atau highlight. Sehingga bagi follower yang tidak sempat menyaksikan secara langsung, dapat tetap menontonnya.

Optimasi Instagram TV

Menggunakan Instagram TV (IGTV) memungkinkan follower untuk dapat menonton video yang memiliki durasi panjang.

Menontonnya pun dapat dilakukan langsung lewat aplikasi Instagram atau melalui aplikasi IGTV terpisah.

Memposting Ulang Foto atau Stories dari Follower

instagram marketing

Merepost foto atau stories yang dibuat oleh follower Anda juga menjadi salah satu strategi Instagram marketing.

Anda tidak perlu repot-repot membuat postingan baru, tetapi cukup dengan me-repost kembali atau menampilkannya pada stories.

Anda bisa menandai follower tersebut dan jangkauan yang menyaksikan stories menjadi lebih luas lagi.

Tampilkan Caption Menarik

Menulis caption menarik juga menjadi bagian dari strategi Instagram marketing.

Memang kebanyakan pengguna sulit sekali membuat captiop yang menarik. Namun, Anda bisa menggunakan cara CTA atau Call to Action.

CTA biasanya dilakukan dalam bentuk mengajak follower untuk memberikan like atau menuliskan komentar serta membagikan postingan.

Penggunaan CTA ini bisa dilakukan dengan memberikan iming-iming yang menarik seperti diskon atau promo.

Caption Instagram marketing yang menarik bisa membuat orang betah membaca postingan Anda.

Ujungnya, engagement dari akun Instagram yang dimiliki semakin meningkat.

Memakai Hastag Unik juga Kreatif

Sedikitnya ada 95 juta postingan yang dibuat oleh di Instagram setiap harinya.

Dengan jumlah yang sedemikian banyak, ada kemungkinan postingan Anda akan tenggelam oleh postingan yang lebih baru.

Jelas ini akan sangat merugikan. Itu sebabnya, disarankan untuk menggunakan hastag yang unik selaigus kreatif.

Penggunaan hastag ketika membuat postingan, memudahkan postingan Anda ditemukan oleh user Instragram.

Anda bisa memakai hastag yang umum dan dikombinasikan dengan hastag yang sedang viral saat itu.

Untuk memakai hastag sangatlah perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui hastag yang sedang populer.

Anda bisa melakukan riset dengan memanfaatkan menu Explore yang tersedia di akun Instagram.

Bagaimana? Apakah Anda bisa menerapkan strategi Instagram marketing di atas?

Jika dirasa sulit atau memakan waktu terlalu banyak, serahkan saja pada ahlinya di Cloud Now!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*