About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Jenis TikTok Ads dan Strategi Menaklukkannya

jenis tiktok ads

Beriklan di TikTok dapat menjangkau lebih banyak pengguna karena aplikasi ini sangat populer. TikTok juga menyambut peluang ini dengan memberikan beragam jenis TikTok Ads bagi penggunanya.

TikTok sendiri adalah aplikasi populer yang memiliki range pengguna sangat luas. Mulai dari generasi Z hingga dewasa menyukainya. Jadi, apapun produk Anda tetap relate jika ingin beriklan di sini.

Sebelum memilih jenis iklannya, mari cermati 8 jenis-jenis TikTok Ads dengan kelebihan dan ciri masing-masing. Plus ada contekan strategi untuk menaklukkan pasar melalui iklan di sini.

Apa itu TikTok Ads?

Seperti jenis iklan online lainnya, TikTok Ads digunakan untuk mempromosikan produk maupun branding ke user platform ini di seluruh dunia. Uniknya, TikTok Ads cocok digunakan oleh personal maupun perusahaan.

Algoritme TikTok memahami ketertarikan penggunanya dan memungkinkan marketers berpeluang lebih besar untuk muncul di FYP user. Selain itu, audiens TikTok yang menjangkau lebih dari 150 negara adalah pangsa pasar yang sangat luas.

TikTok ads juga memiliki beberapa kelebihan, seperti formatnya yang bisa ditampilkan di platform produk lainnya seperti Pangle. Ditambah lagi marketers bisa melihat audiens secara langsung, sehingga engagement dengan user lebih tinggi.

TikTok juga mengatur agar tampilan iklannya tidak jauh berbeda dengan tampilan konten biasa. Sehingga user tidak sadar bahwa yang sedang mereka tonton adalah iklan.

Untuk mengukur seberapa efektif iklan menjangkau user, marketers bisa menggunakan TikTok Pixel. Alat ini akan memonitor hasil iklan melalui fitur informasi perilaku pengunjung platform tersebut.

Jenis-jenis TikTok Ads

Ternyata platform ini sangat variatif menyediakan berbagai enis TikTok Ads bagi penggunanya. Marketers bisa memilih jenis yang tepat sesuai user yang ingin dijangkau dan jenis produk yang diiklankan. Berikut adalah 8 diantaranya.

In Feed Ads

In Feed Ads muncul dengan format yang mirip dengan FYP user, terlihat sangat interaktif dan terpercaya. Sehingga user sering tidak sadar bahwa yang dilihatnya adalah iklan.

Namun, jenis iklan ini masih menggunakan tulisan promoted agar pengguna dapat mengenalinya. Jika tulisan promoted diklik, maka akan terarah pada situs yang dipasang pengiklan.

Jenis iklan ini cocok untuk menyasar user yang sudah akrab dengan TikTok dan efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Spark Ads

Spark Ads memungkinkan pengiklan memunculkan brand mereka menggunakan konten organic sehingga menjangkau lebih banyak orang.

Iklan jenis ini akan memuat tautan ke situs pengiklan, profil, atau aplikasi yang diiklankan. Spark Ads juga akan terputar otomatis di FYP.

Jika tertarik menggunakan jenis TikTok Ads ini maka pilih video yang durasinya kurang dari 15 detik dan memiliki CTA yang jelas.

Branded Effect

Branded Effect cocok jika pengiklan ingin meningkatkan interaksi dengan calon konsumennya.

Pengiklan akan mendapatkan filter yang bisa dikostumisasi dan bertahan hingga 10 hari. Filter ini dapat menampilkan logo brand sehingga iklan lebih efektif dalam menarik perhatian user.

Top View Ads

TopView Ads adalah jenjs iklan yang durasinya cukup lama, mencapai 60 detik. Iklan ini akan muncul di urutan teratas setiap kali user membuka TikTok setiap hari.

Cocok digunakan untuk meningkatkan brand awareness karena ini adalah iklan prioritas. Karenanya marketers akan menggunakan video berkualitas terbaik dengan isi yang menghibur.

Akan sangat efektif jika jenis video adalah storytelling menarik dan mudah diikuti serta memiliki CTA yang kuat. Sematkan juga link terkait produk yang ditawarkan.

Brand Takeover

Iklan Brand Takeover akan muncul di keseluruhan layar gawai dan menjadi iklan paling ekslusif di TikTok. Hanya ada satu Brand Takeover per hari untuk setiap kategori per negara.

Iklan ini memiliki video berkualitas terbaik, menarik, dan memiliki kesan kuat terhadap audiens. Karena ekslusif dan pastinya berbiaya tinggi, hanya brand-brand besar yang mengambil slot iklan ini.

Hastag Challenge

Iklan yang muncul sebagai promoted video ini didesain seperti tantangan yang dialamatkan pada pengguna. Namun di dalamnya terdapat CTA agar pengguna aplikasi mengikuti brand atau akun penyelenggaranya.

Iklan ini efektif untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan brand pengiklan, membangun brand awareness, dan menambah followers.

Jika hastag diklik, maka akan terhubung dengan landing page pengiklan. Biasanya video iklan ini berdurasi pendek, memuat slogan yang ringan dan mudah diingat, serta memiliki visual menarik.

Gunakan maskot, elemen atau tampilan yang catchy serta video tidak lebih dari 15 detik agar kampanye iklan ini berhasil.

Live shopping

Ini adalah iklan yang paling populer dan dapat digunakan oleh brand apapun secara umum. Baik yang sudah besar maupun yang masih merintis.

Pengiklan harus memiliki akun TikTok shop terlebih dulu untuk dapat menggunakan tipe TikTok Ads ini. Sehingga jika user melihat iklan, mereka bisa langsung membeli dari landing page toko.

Jenis iklan ini efektif untuk mendorong peningkatan transaksi, jumlah pembelian, klik, atau pengunduhan di landing page dan aplikasi marketers.

Video live juga meningkatkan interaksi dengan calon konsumen sehingga pengiklan dapat lebih memahami audiens nya dan menjangkau pasar yang lebih luas.

TikTok influencer

Jenis iklan ini memanfaatkan pengaruh para influencer di TikTok untuk mempromosikan produk dan brand pengiklan. Mirip dengan endorse di Instagram atau platform media sosial lainnya.

Bentuk kerja samanya bisa dijelaskan seperti ini. Misalnya sebuah brand fashion akan memasarkan sepatu baru mereka. Lalu influencer TikTok membuatkan video menggunakan sepatu tersebut.

Tentu saja influencer yang dipilih adalah mereka yang memang terbiasa membuat video tentang fashion agar mendapat lebih banyak value dan engagement dari pengikutnya.

Saat influencer memposting video kerja sama tersebut, pengiklan memposting iklannya dari akun miliknya. Influencer dapat mengaktifkan mode ‘ad setting’ dari menu profilnya dan mengambil kode dari menu ‘ad authorization’.

Influencer lalu mengirimkan kode tersebut ke pengiklan untuk ditempelkan pada iklan yang mereka buat di akunnya. Pengiklan juga harus menambahkan CTA yang kuat.

Langkah terakhir adalah sistem TikTok akan me-review iklan tersebut dan menayangkannya.

Strategi menaklukkan TikTok Ads

Setelah mengetahui beberapa jenis TikTok Ads di atas, apakah Anda siap menggunakannya sekarang? Tenang, ada beberapa strategi agar dapat menaklukkan TikTok Ads dengan mudah. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pahami target audiens

Pahami target audiens mulai dari demografi, minat, perilaku berbelanja mereka, dll. Akan sangat membantu jika Anda juga membuat buyer persona yang spesifik.

Tentukan tujuan iklan

Apakah iklan tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan? Menarik pelanggan baru? Menaikkan trafik dan kunjungan? Tentukan dulu tujuan iklan dengan jelas agar dapat memilih jenis TikTok Ads yang tepat.

Video berkualitas tinggi

Karena TikTok adalah platform video, maka tentu saja Anda harus menggunakan video berkualitas tinggi dan menarik secara visual.

Tanpa hal tersebut, iklan Anda hanya akan ditinggalkan calon konsumen. Jangan lupa untuk menyematkan elemen ringan dan sesuai dengan jenis konsumen yang disasar.

CTA yang jelas dan menarik

CTA adalah elemen penting yang harus ada di setiap iklan. Gunakan CTA yang menarik, tidak terlalu panjang, tetapi langsung menuju sasaran.

Evaluasi secara teratur

Lakukan evaluasi beberapa minggu setelah iklan berjalan dan optimalkan kampanye berdasarkan data yang terkumpul.

Uji dan cari tahu apa yang bekerja dan apa yang gagal pada elemen iklan tersebut. Jangan lupa untuk tetap mengikuti trend yang sesuai bisnis Anda.

Jasa TikTok Ads dari Cloudnow

Menggunakan TikTok Ads dalam mengiklankan produk memang menjanjikan. Namun jika Anda masih baru di bidang ini dan masih ragu menjalankannya, jangan khawatir.

Anda tidak perlu menyelesaikan semua step dari TikTok Ads yang dipilih seorang diri. Karena Cloudnow siap membantu.

Cloudnow akan mengoptimalkan setiap jenis TikTok Ads yang Anda inginkan, membantu Anda memperluas pasar dan meningkatkan omset bisnis.

Bagi kami, membantu bisnis Anda berkembang dan mencapai puncak adalah tujuan. Kami juga menawarkan harga bersaing dengan value menarik.

Kunjungi situs kami segera dan dapatkan informasi lengkap mengenai jenis TikTok Ads dan tarifnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*