About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Memasang Iklan Facebook Ads yang Efektif? Ini Tipsnya!

Seiring waktu, peran media sosial telah bergeser seperti Facebook yang kini bisa dijadikan wadah memasang iklan Facebook Ads.

Media sosialnya yang awalnya hanya sekadar wadah untuk menjalin pertemanan dan membagikan kenangan seperti video atau foto.

Saat ini telah menjadi berubah menjadi salah satu platform untuk memasang iklan dengan Facebook Ads.

Memasang Iklan Facebook Ads untuk Bisnis Online

memasang iklan facebook ads

Aplikasi satu ini hadir di Indonesia sekitar tahun 2008. Kehadirannya dengan segera menciptakan fenomena luar biasa sehingga hampir seperti candu.

Bahkan, sampai-sampai mengubah cara interaksi manusia.

Tidak bisa ditampik bahwa saat itu menjadi sebuah fenomena geger budaya.

Banyak hal yang sifatnya untuk konsumsi pribadi akhirnya terungkap lewat status Facebook.

Terlebih lagi seringkali yang dicitrakan di Facebook tidak sesuai dengan kenyataannya.

Fenomena tersebut tidak berhenti hanya sampai di situ saja.

Sejumlah pebisnis online mulai melihat potensi Facebook sebagai wadah untuk menawarkan produk atau layanan yang ditawarkan.

Media sosial ini saat itu dianggap ampuh menjadi wadah promosi karena usernya yang cukup besar.

Facebook bahkan masuk sebagai urutan ketiga media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia.

Adapun rentang usia penggunanya dimulai dari usia 16 sampai 64 tahun.

Dengan penetrasi pengguna yang demikian besar, dapat dibayangkan betapa besar potensialnya memasang iklan Facebook Ads.

Selain itu ada beberapa alasan lagi mengapa memasang iklan dengan Facebook Ads bisa dikatakan menjadi cara jualan online yang cukup efektif.

Menjangkau Pasar Baru

Untuk bisa mencapai pertumbuhan pengikut di Facebook secara organik tentu butuh usaha.

Sebut saja antara lain dengan menciptakan konten-konten menarik untuk diposting setiap harinya.

Hal ini tentu saja tidak mudah. Namun, algoritma Facebook memudahkan para pebisnis untuk menjangkau potensi pasar baru.

Memasang iklan Facebook Ads bahkan dapat menjangkau mereka yang bukan menjadi follower Anda.

Menyasar Target Pasar yang Sesuai

Memasang iklan dengan Facebook memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar sesuai dengan target yagn diinginkan.

Sebut saja target yang didasarkan pada usia, status pernikahan gender, kebiasaan, lokasi, ketertarikan, dan lain sebagainya.

Agar berjualan menjadi lebih efektif dengan Facebook, Anda haruslah memanfaatkan fitur Lookalike Audience.

Fitur ini akan membantu Anda untuk dapat menjangkau calon pelanggan potensial.

Calon pelanggan potensial ini didasarkan pada data sebelumnya atau yang kurang lebih mempunyai ketertarikan yang sama dengan pelanggan yang dimiliki sekarang.

Bisa Memilih Iklan yang Sederhana atau Advanced

Memasang iklan dengan Facebook memberikan Anda kesempatan untuk membuat promosi yang sederhana atau lebih advanced.

Beberapa fitur di Facebook juga bisa membantu untuk meningkatkan efektivitas iklan, antara lain:

Boosted Posted

Fitur untuk membantu meningkatkan jumlah like, lebih banyak pengguna yang berkomentar membagikan postingan iklan.

Page Ad

Fitur ini dipergunakan jika ingin lebih banyak like dan lebih banyak pengikut di akun Facebook.

Website Ad

Anda dapat menggunakan fitur ini apabila tujuan iklan untuk meningkatkan kunjungan ke website.

Tombol CTA atau Call to Action

Fitur ini memberikan Anda akses untuk bisa membuat CTA secara personal.

Misalnya membuat janji, pertemuan, atau mengajak mengunjungi situs website dan lain sebagainya.

Caranya pun cukup mudah. Pada saat memasang iklan dengan Facebook, pilih bagian Text and Links, lalu pilih fitur CTA.

Sedangkan untuk iklan yang lebih advanced, pemilik bisnis bisa memilih fitur Ads Manager.

Dengan ini Anda dapat meningkatkan brand awareness dari toko online atau merek yang dimiliki.

Mudah dan Terjangkau

Memasang iklan Facebook Ads cukup mengikuti panduan yang ada.

Mulai dari jenis iklan, penentuan target, anggaran, format iklan, serta jangka waktu sudah disiapkan oleh Facebook.

Dalam segi biaya, Anda bisa memilih bayar per tayangan, per like, atau per klik.

Tips Memasang Iklan Facebook Ads agar Lebih Menarik

memasang iklan facebook ads

Walaupun banyak keuntungan dan terbilang mudah saat memakinya, tapi memasang iklan Facebook Ads juga ada trik tersendiri.

Meskipun terlihat sederhana, tapi trik berikut ini manjur untuk meningkatkan efektivitas iklan produk atau di Facebook.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

Menggunakan Image Wanita Tersenyum

Trik ini sudah terbukti sangat manjur. Foto iklan yang menampilkan wanita tersenyum menuai lebih banyak jumlah klik.

Selain itu, Facebook juga menyarankan agar iklan yang Anda tampilkan memunculkan gambar orang sedang menggunakan produk ketimbang hanya foto produknya saja.

Image Haruslah Menarik

Gambar adalah hal pertama yang dilihat dari sebuah iklan.

Maka buatlah gambar yang menarik dan memiliki efek kejutan sekaligus membuat penasaran.

Apabila hendak menggunakan gambar wajah pilih yang close up, pilih juga gambar berwarna kontras.

Hal ini dikarenakan image hitam putih terlalu hambar untuk mengundang klik.

Atur Jam Kemunculan Iklan

Memasang iklan 24 jam memang terlihat bagus, tapi bisa jadi pemborosan uang dan waktu, terlebih apabila target pasar masih lokal.

Sebaiknya cari waktu yang sesuai anggaran. Namun, tetap harus bisa menghasilkan kunjungan ke halaman Facebook walau iklan tidak ditayangkan selama 24 jam.

Gunakan Fitur Conversion Tracking

fitur Conversion Tracking berfungsi untuk mengetahui iklan mana saja yang memiliki impresi yang baik dan menghasilkan umpan balik.

Hal ini bisa menjadi tolak ukur sejauh mana jangkauan saat memasang iklan Facebook Ads.

Buat Kalimat Ajakan yang Jelas

Karena di dalam gambar atau postingan dibatasi oleh space atau karakter/kata, maka jangan bertele-tele.

Memasang Iklan Facebook Ads Harus Menyertakan Teks pada Gambar

Ada banyak aplikasi editing seperti Canva yang bisa Anda manfaatkan.

Maka, gunakanlah Canva untuk menambahkan teks, tapi ingat jangan terlalu panjang dan bertele-tele.

Menurut panduan Facebook, idealnya teks di dalam sebuah gambar hanya 20 persen dari keseluruhan image.

Maka, tampilkan teks yang membuat orang ingin segera melakukan sesuatu.

Misalnya saja sibuk memiliki produk karena ada penawaran diskon yang dibatasi waktu.

Memasang Iklan Facebook Ads Manfaatkan Iklan Multi Produk

Fitur Iklan Multi Produk ini memungkinkan Anda untuk menampilkan beberapa gambar produk ketika memasang iklan dengan Facebook Ads.

Setiap gambar diusahakan harus terhubung dengan tautan ke toko online atau website yang dimiliki.

Dukungan website untuk digital marketing sangat penting, termasuk di dalamnya penerapan strategi konten SEO 2023.

Jangan ragu menggunakan jasa SEO profesional dan berkualitas seperti Cloud Now.

Gunakan Fitur Re-targetting Ads

Pada saat memasang iklan Facebook Ads, gunakan fitur ini agar bisa menargetkan ulang para pengguna yang sudah berkunjung ke website jualan.

Cirinya, jika setelah masuk ke website, lalu pengguna meluncur ke akun Facebook-nya. Maka, di dalam Facebook miliknya akan muncul iklan yang sama dengan website yang pernah dikunjungi.

Fitur ini memberikan Anda keleluasaan untuk bisa beriklan kepada target yang lebih spesifik yang pernah mengunjungi website.

Tawarkan Diskon

Siapa yang tidak suka diskon? Oleh sebab itu sesekali buatlah iklan diskon produk jualan Anda dengan memanfaatkan fitur Facebook Offer.

Dengan fitur ini, konsumen tidak perlu meninggalkan laman Facebook hanya demi mendapatkan diskon.

Tampilkan Video Ads

Iklan dalam bentuk video akan lebih menarik ketimbang membaca status.

Jadi buatlah konten video yang kreatif dan menarik sesuai ketentuan Facebook tentunya.

Ingat ketika memasang iklan dengan Facebook Anda membutuhkan banyak pelengkap lainnya, seperti website.

Penyedia jasa digital marketing Cloud Now akan memberikan layanan.

Layanan ini diberikan agar mendapatkan website yang sesuai dengan image brand produk atau jasa yang hendak Anda tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*