About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Memahami Bagaimana Cara Kerja SEO yang Tepat

cara kerja SEO

SEO atau Search Engine Optimation adalah elemen wajib yang harus disematkan dalam konten agar dapat dilacak oleh mesin pencari. Namun, sebenarnya bagaimana cara kerja SEO?

Anda mungkin penasaran. Bagaimana kata kunci yang tepat serta sejumlah teknik lainnya dapat membuat sebuah artikel nangkring di peringkat atas halaman pencarian Google?

Sebenarnya cara kerja SEO dapat dijabarkan secara sederhana. Karena mirip dengan cara kerja kita saat mencari buku di perpustakaan.

Agar lebih jelas, mari simak penjelasan bagaimana mesin pencari menemukan konten Anda di lautan data internet. Serta bagaimana SEO mengoptimasi konten Anda.

Cara Kerja SEO Mesin Pencari

Sebelum bicara tentang cara kerja SEO, mari kita ketahui dulu cara kerja mesin pencari. Karena ada banyak jenis mesin pencari, maka kita fokuskan pada yang terbesar: GOOGLE.

Google memiliki cara kerja unik, tetapi sebenarnya sederhana. Mirip dengan cara kita mencari sebuah buku di dalam rak-rak menjulang perpustakaan.

Sumber: https://www.google.com/search/howsearchworks/

Crawling and Indexing

Saat seseorang memasukkan kata kunci pencarian, saat itulah Google melakukan crawling. Google akan mencari setiap artikel, situs, gambar, video, berita, dll yang mengandung kata kunci tersebut.

Pekerjaan ini dilakukan oleh Google Bot ke dalam lebih dari 60 triliun data situs yang ada di cloud Google. Setelah semua data yang mengandung kata kunci ditemukan, mulailah Google Bot melakukan indexing.

Indexing adalah proses perankingan setiap data yang ditemukan saat crawling. Setiap hasil akan dipilah dari elemen kuncinya seperti judul, meta deskripsi, gambar, dan link.

Semakin relevan konten tersebut dengan kata kunci serta semakin berkualitas isinya, semakin tinggi pula rankingnya.

Cara Kerja SEO Algoritma

Google memiliki algoritma berbasis link yang akan mengecek popularitas, jumlah, dan kondisi link.

Semakin banyak web yang mengarah ke link tersebut, semakin populer kontennya dan semakin tinggi pula rankingnya. Algoritma ini populer disebut PageRank.

Fighting Spam

Fighting spam adalah saat dimana Google membuang konten, link, atau website yang terindikasi spam, plagiasi, dan tidak relevan.

Google juga bisa menghapus semua spam  tersebut dari data sehingga tidak akan muncul di halaman pencarian berapapun.

Cara Kerja SEO

Secara singkat, cara kerja SEO dapat dijelaskan sejak bagaimana mesin pencari bekerja. Situs dengan performa dan konten bagus akan diletakkan di urutan atas.

SEO menyematkan kata kunci yang tepat di elemen-elemen kunci, membangun isi konten yang lengkap, relevan, dan akurat. Juga memperbaiki kinerja situs agar mesin pencari memberi ranking terbaik.

Intinya, SEO bukan hanya tentang bagaimana memproduksi artikel yang bagus. Namun juga memastikan web dapat diakses dengan mudah dan user friendly.

Membangun Strategi dan Menetapkan Cara Kerja SEO dengan Tepat

Setelah mengetahui cara kerja SEO dan mesin pencari, tiba saatnya kita membahas strategi SEO. Ada enam langkah untuk membangun strategi SEO untuk meningkatkan kinerjanya. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Mempersiapkan Situs

Langkah pertama dalam strategi SEO adalah mempersiapkan situs. Situs itu ibarat rumah. Konten terbaik Anda akan sia-sia jika ‘rumah’ yang menaunginya rusak, bukan? Maka, perbaiki dulu beberapa hal berikut:

  • Kecepatan situs
  • UI dan UX
  • Tampilan situs, apakah mobile friendly atau tidak? Apakah terlalu banyak iklan? Gambar dan video yang terlalu besar?
  • Situs harus bebas link yang error
  • Antarmuka situs, logo dan nama yang representatif serta selaras
  • Dll.

Meriset Keyword

Setelah memperbaiki kinerja situs, saatnya meriset kata kunci untuk konten. Riset dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  • Mencermati SERP (Search Engine Result Page) atau laman hasil pencarian. Ketikkan keyword yang Anda inginkan, lalu lihat bagaimana bentuk konten yang keluar.
  • Menggunakan tools. Ada banyak tools SEO gratisan yang dapat digunakan untuk riset keyword.

Menjalankan Local SEO

Jika tujuan optimisasi SEO adalah transaksi, gunakan Local SEO. Tambahkan nama daerah geografis yang dituju pada keyword. Menggunakan long tail keyword juga membuat kontenmu lebih tertarget.

Membuat Konten Berkualitas

Pastikan konten bebas plagiasi, bukan hasil spin, serta fakta yang dicantumkan di dalamnya dapat dipertanggungjawabkan.

Konten juga harus relevan, tidak memakai clickbait. Isinya lengkap dan membantu audiens. Mesin pencari lebih menyukai konten yang lengkap. Jika bisa, tambahkan gambar dengan alt text sesuai keyword yang dipakai.

Mengoptimalkan Technical SEO

Jangan lupa sebarkan keyword pada judul, subjudul, paragraf pertama dan terakhir. Sedangkan keyword tambahan dapat diletakkan dimana saja.

LSI (Latent Semantic Indexing) untuk kata kunci biasanya berkisar 1% dari total kata dalam konten. Artinya jika artikel berisi 1.000 kata, maka sebaran kata kunci sekitar 10 buah.

Tambahkan pula link di beberapa bagian artikel. Pilih judul dan meta deskripsi menarik serta gunakan paragraf pendek.

Umumnya artikel SEO memakai 1-3 kalimat per paragraf. Sedangkan tiap kalimat berisi maksimal 20 kata.

Mengevaluasi Ranking Dan Goal

Setelah mengoptimalkan SEO dan kualitas situs, kini tiba saatnya melihat hasil. Apakah SEO untuk pemula bisa langsung memberikan hasil dalam waktu singkat? Jawabnya belum tentu.

Umumnya optimisasi SEO memberikan hasil maksimal sekitar 6 bulan kemudian. Namun hasil tersebut akan berdampak jangka panjang.

Anda dapat menilai hasilnya dari ranking yang diraih konten dan situsmu. Juga dari peningkatan transaksi, jumlah klik dan kunjungan ke situs, peningkatan follower, dll.

Dari penjabaran singkat di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa SEO adalah teknik optimisasi konten menggunakan kata kunci, agar terindeks oleh mesin pencari. Komponen SEO antara lain kata kunci, situs, konten, serta link pada konten.

Setiap komponen SEO harus dioptimalkan dengan strategi yang selaras. Kunci strateginya dapat dilakukan dalam enam langkah:

  • Memperbaiki kinerja situs
  • Riset kata kunci
  • Menjalankan Local SEO
  • Membuat konten yang berkualitas
  • Mengoptimisasi technical SEO
  • Serta mengevaluasi hasilnya.

Percepat Optimasi SEO Bersama CloudNow

SEO memang tidak bisa dibilang gampang, tetapi jika dilakukan secara konsisten akan sangat berdampak positif. Baik untuk marketing maupun branding di dunia maya.

Nah, walaupun umumnya hasil optimasi SEO bisa terlihat setelah 6 bulan, tetapi Anda bisa mendapatkannya lebih cepat.

Caranya adalah dengan menggunakan bantuan SEO Specialist yang berpengalaman. Di CloudNow kami memiliki ahli Digital Marketing termasuk SEO Specialist profesional.

Jasa SEO kami termasuk melakukan audit mendalam dan memperbaiki kinerja situs Anda. Kami juga akan membantu memproduksi konten bermanfaat dan berkualitas.

Dengan paduan off page dan on page SEO yang dijalankan, situs Anda dapat menuai hasil dalam waktu 3-4 bulan saja. Jangan lupa, hasil SEO akan terasa dalam jangka panjang, selama web dioptimasi.

Hubungi kami melalui email layanan@cloudnow.com atau nomor telepon +62 811-8085-515 untuk konsultasi seputar optimasi SEO.

Anda juga dapat langsung memilih paket jasa SEO yang kami hadirkan melalui laman web resmi CloudNow. Percepat optimasi dan cara kerja SEO Anda bersama kami.  Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*