About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

SEO Bagi Pemula: Serba-serbi Terlengkap!

SEO bagi pemula

Bagaimana cara menjalankan strategi SEO bagi pemula? Adakah SEO Specialist yang dapat membantu dalam hal ini? Tentu ada, tetapi sebelumnya mari kita memahami dulu apa itu SEO.

Saat ini, konten memegang peranan penting dalam marketing dan branding. Sementara, untuk mengoptimisasi konten memerlukan pengetahuan tentang SEO.

Jika Anda baru terjun di dunia konten dan masih bingung dengan SEO, tenang dulu. Artikel ini akan membahas SEO bagi pemula secara komprehensif.

Mulai dari pengertian SEO, jenis dan komponennya, hingga cara membangun optimisasinya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Secara umum dapat dikatakan SEO adalah cara agar suatu konten dapat ditemukan oleh mesin pencari dan tampil di laman hasil pencarian.

Konten yang dimaksud bisa artikel, video, foto, dll. Para ahli SEO berharap optimisasi tersebut dapat membawa konten mereka ke halaman pertama mesin pencari. Tujuannya tentu agar lebih banyak pengunjung yang membuka konten.

Dengan optimasi SEO, diharapkan konten tersebut akan muncul di halaman pertama Google. Sehingga mendatangkan lebih banyak trafik dan transaksi.

Saat berusaha menjalankan teknik SEO bagi pemula, Anda akan menemukan beberapa istilah dan jenisnya, seperti:

On Page Dan Off Page SEO

On Page SEO adalah langkah yang dilakukan pada situs untuk meningkatkan penggunaan SEO. Misalnya memasang XML Sitemap, menambahkan button-button tertentu untuk mendukung kalimat CTA (Call to Action), dll.

Sementara itu, Off Page SEO adalah langkah optimisasi SEO di luar situs. Off Page SEO lebih condong pada peningkatan kualitas konten.

Misalnya menambahkan link internal dan eksternal, membuat konten pilar, memakai alt image, dll. Keduanya dapat (dan seharusnya) dilakukan secara bersamaan.

Black Hat Dan White Hat SEO

Kedua istilah ini mengacu pada elemen yang disasar saat menjalankan teknik optimisasi SEO. Tetapi bukan menunjukkan bahwa salah satunya adalah cara curang, ya.

Pada Black Hat SEO, teknik optimisasi menjurus pada mengenali kelemahan algoritma mesin pencari dan berusaha mengakalinya. Tujuan utamanya adalah ranking.

Masalahnya, algoritma mesin pencari selalu berubah-ubah seiring waktu. Dengan demikian, optimisasi SEO menggunakan cara ini harus terus-menerus mengubah tekniknya.

Teknik Black Hat SEO tidak bisa bertahan dalam jangka panjang, terutama jika tujuan konten adalah menarik transaksi. Jika menjalankan SEO untuk pemula, akan sangat merepotkan jika memakai cara ini.

Sementara, White Hat SEO menempuh cara optimisasi yang berbeda. Jika seseorang berusaha meningkatkan kualitas konten dan memperbaiki kinerja situs, berarti menjalankan jenis SEO ini.

Cara ini lebih cocok untuk diaplikasikan pada jangka panjang, karena perubahan algoritma mesin pencari tidak akan mempengaruhinya.

White Hat SEO juga akan mendorong tercapainya tingkat transaksi konten, alih-alih hanya memperoleh ranking di laman mesin pencari.

Local SEO untuk Pemula

Baru-baru ini ada istilah yang sedang tren, yaitu Local SEO. Local SEO bermakna mengoptimasi penggunaan SEO yang menyasar pada audiens di kawasan geografi dan jenis demografi tertentu.

Misalnya menggunakan kata kunci ‘restoran murah dan enak Jakarta Barat’ atau ‘jasa laser cutting Malang’. Intinya, Local SEO berusaha menarik perhatian dari ceruk pasar yang lebih terarah dan tertarget.

Google akan lebih cepat mengenali kata kunci yang lebih tertarget seperti ini. Local SEO juga lebih cocok untuk mereka yang memakai konten SEO untuk berjualan.

Salah satu trik memakai Local SEO adalah dengan mengenali persona pelanggan. Baik dari segi demografi maupuan geografinya.

Komponen-Komponen SEO bagi Pemula

Memahami SEO bagi pemula tidak cukup dengan mengerti definisi dan jenisnya saja. Ada beberapa komponen di dalamnya. Yaitu:

Keyword

Keyword atau kata kunci adalah kalimat yang diketikkan user di kolom pencarian. Nah, kata kunci ini yang harus disematkan pada kontenmu agar terlacak oleh mesin pencari.

Ada dua jenis keyword: short tail dan long tail keyword. Short tail keyword biasanya lebih umum dan terdiri dari dua hingga tiga kata. Misalnya ‘sepatu Adidas’ atau ‘laser cutting’.

Sementara long tail keyword umumnya mengandung tiga hingga lima kata. Keyword ini lebih spesifik, sehingga konten yang menggunakannya lebih berkemungkinan mendapat ranking bagus.

Contoh long tail keyword adalah ‘sepatu sneaker Adidas hitam’ atau ‘mesin laser cutting murah’. Kedua jenis keyword ini bisa juga dipakai bersamaan di dalam satu konten.

Situs

Situs atau website juga merupakan komponen SEO. Konten SEO yang baik, lengkap, relevan, tidak akan terangking optimal jika kinerja situsnya jelek.

Konten

Yang dimaksu dengan konten adalah batang tubuh SEO, dimana keyword disematkan dan informasi yang relevan ditaruh. Ada berbagai jenis konten seperti video, artikel, audio/podcast, dll. Konten artikel sendiri dapat berbentuk FAQ, rekomendasi, review, atau konten pilar.

Link

Umumnya link pada konten akan memaksimalkan optimisasi SEO. Link internal mengarah pada konten yang berhubungan di dalam satu situs.

Link ini memastikan keterhubungan antar konten terjalin dengan baik. Selain untuk meningkatkan view, juga menaikkan kemungkinan terlacak mesin pencari.

Sementara itu link eksternal mengarah pada konten di luar situs. Umumnya artikel SEO memerlukan 5 link internal dan 1 link eksternal.

Mari Mulai SEO bagi Pemula Bersama CloudNow

Memahami SEO mungkin mudah, tetapi mempraktikkannya jelas punya tantangan tersendiri. Pada umumnya SEO bagi pemula baru akan menampakkan hasil setelah 6 bulan dijalankan secara konsisten.

Lalu, adakah cara lain untuk menjalankan teknik digital marketing ini? Tentu. Anda bisa bekerja sama dengan SEO Specialist atau Digital Marketing Specialist, dan CloudNow adalah yang terbaik dalam hal ini.

CloudNow membantu menjalankan optimasi SEO pada web perusahaan Anda secara terintegrasi dan menyeluruh. Jasa kami mencakup:

Audit menyeluruh terhadap website klien dengan melakukan in-dept analysis. Seperti memeriksa kecepatan situs, URL yang bisa diakses, keterhubungan antar konten dan link, dll.

Pencarian keyword dan menyusun konten SEO friendly yang bermutu. Sehingga bukan hanya mudah dideteksi oleh mesin pencari, juga enak dibaca oleh manusia.

Menjalankan tecnical SEO seperti link building, optimasi keyword, dan garansi berada di halaman pertama Google setelah optimasi selama 3-4 bulan. Jangka waktu ini akan jauh lebih cepat ketika Anda membeli paket khusus.

Jika Anda belum memiliki website, maka CloudNow juga memiliki jasa pembuatan website serta menyediakan domain dan hostingnya. Termasuk optimasi dan perawatannya.

Anda tidak perlu repot melakukan setiap langkah SEO seorang diri. Tetaplah fokus pada operasional bisnis dan meraup omset, sementara CloudNow yang akan mengoptimasi web dan SEO-nya untuk Anda.

Anda dapat langsung memilih paket optimasi SEO di website kami. Atau hubungi email layanan@cloudnow.com untuk konsultasi sebelum  menjatuhkan pilihan.

Customer service kami juga dapat dihubungi melalui telpon dan WA di nomor +62 811-8085-515. SEO untuk pemula akan sangat mudah jika Anda menjalankan bersama kami, CloudNow.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*