About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Mengenal Company Profile Dan Manfaatnya

company profile

Company profile adalah item pertama yang akan dicari seseorang ketika akan mengenali sebuah lembaga atau perusahaan. Namun, sebenarnya apa itu company profile dan apa saja urgensinya?

Dalam artikel ini Anda akan disuguhkan mengenai apa itu profil perusahaan, apa saja manfaatnya, serta item apa yang harus tercantum di dalamnya.

Apa Itu Company Profile?

Jika bicara mengenai apa itu profil sebuah perusahaan, maka sebenarnya item ini mirip dengan CV atau resume pada orang pribadi. Di dalamnya adalah informasi detail tentang perusahaan yang disusun sedemikian rupa agar menarik perhatian pelanggan.

Company profile bisa dikatakan adalah gambaran umum mengenai sebuah perusahaan, yayasan, sekolah, dan lembaga. Isinya adalah informasi mendetail yang menginformasikan pada audiens apa saja produk dan layanan mereka.

Selain itu, profil ini juga memuat sejarah singkat perusahaan, pendirinya, serta keunggulannya. Intinya, item ini disusun agar audiens tertarik sehingga mau memakai jasa atau membeli produk perusahaan.

Manfaat Company Profile

Kehadiran profil ini sangat penting dalam memperkenalkan perusahaan pada audiens. Mereka yang menjadi sasaran adalah:

  • Pelanggan dan calon pelanggan perusahaan, dan ini ada kaitannya dengan meningkatkan transaksi penjualan.
  • Calon klien perusahaan.
  • Calon kolega dan pihak yang akan bekerja sama dengan perusahaan.
  • Calon investor, pemegang saham, atau penanam modal di perusahaan.
  • Instansi pemerintah.

Profil perusahaan biasanya dibuat tersendiri dan dicantumkan atau disertakan dalam proposal kerja sama dan proposal penawaran. Atau bisa juga diletakkan dalam section tersendiri di situs resmi perusahaan.

Adapun manfaat memiliki profil tersebut bagi perusahaan adalah:

Alat branding

Perusahaan dapat membranding diri melalui profilnya yang dibuat dengan bagus dan tepat. Yakni, berupa keunggulan, visi misi, serta sejarah perusahaan dapat memukau audiens.

Karenanya, profil sebuah perusahaan harus disusun secara menarik, lengkap, dan tepat sasaran. Sulit? Tidak juga. Karena kini sudah banyak jasa pembuatan company profile profesional. Anda bisa memakai jasa mereka.

Menciptakan keterikatan perusahaan dan audiens

Dengan mengetahui sejarah dan profil perusahaan dengan lengkap, audiens dapat merasakan keterikatan dengan perusahaan. Mungkin akan muncul rasa kagum, dan mendorong mereka memilih perusahaan Anda untuk diajak bekerja sama.

Memberikan gambaran umum perusahaan secara detail

Para investor dan calon pembeli saham pasti ingin tahu secara detail tentang perusahaan. Tujuannya tentu memastikan mereka tidak akan menyuntikkan dana ke perusahaan yang salah.

Karenanya, company profile menjadi sangat penting. Terutama untuk meyakinkan investor bahwa perusahaan Anda dalam kondisi sehat.

Sarana promosi

Tahukah Anda bahwa sebagian orang memutuskan membeli produk karena melihat siapa produsennya? Hal tersebut karena sebagian konsumen:

  • Ingin memastikan perusahaan tidak berafiliasi dengan entitas tertentu yang tidak mereka sukai
  • Memilih perusahaan lokal daripada barang impor
  • Memastikan produsen memproduksi dengan standar kesehatan memadai

Karenanya, profil perusahaan yang baik dan menarik juga bisa menjadi sarana promosi sekaligus edukasi bagi para calon konsumen.

Hal yang Harus Dicantumkan Dalam Company Profile

Menilik manfaatnya yang penting bagi perusahaan, maka sebaiknya susun item ini secara rinci, runut, tetapi juga menggunakan bahasa menarik.

Karena apa itu company profile bukan hanya bicara tentang sejarah dan visi misi saja. Melainkan tentang budaya, produk, dan keunggulan perusahaan.

Agar lebih jelas, berikut adalah penjelasan mengenai apa saja yang harus dicantumkan di dalamnya.

Informasi detail perusahan

Informasi yang detail dan lengkap akan membantu audiens mengenali perusahaan lebih dalam. Beberapa informasi yang diperlukan adalah:

  • Nama perusahaan dan tanggal didirikan
  • Alamat lengkap termasuk nomor telepon
  • Alamat situs resmi dan email

Informasi dasar perusahaan

Informasi dasar ini akan menunjukkan budaya perusahaan sekaligus branding yang ingin dikenalkan pada audiens. Terdiri dari:

  • Visi dan misi perusahaan
  • Sejarah pendirian dan para pendirinya
  • Sejarah pertumbuhan perusahaan dan pencapaiannya
  • Dewan Direksi dan Dewan Komisaris
  • Penjelasan mengenai produk dan layanan

Prestasi dan pencapaian perusahaan

Setiap pencapaian dan prestasi akan menambah nilai plus perusahaan di mata audiens. Karenanya, cantumkan prestasi gemilang perusahaan dan lengkapi dengan data dan gambar. Termasuk:

  • Sertifikasi yang didapat seperti sertifikasi halal MUI, sertifikasi BPOM, ISO, dll
  • Penghargaan yang didapat dari dalam dan luar negeri
  • Penghargaan yang diraih direksi dan manajer dalam perannya di perusahaan
  • Program khusus termasuk program CSR
  • Testimony pelanggan
  • Berita dan tajuk yang memuat tentang perusahaan

Portofolio

Pengertian mengenai portofolio adalah data mengenai proyek yang dikerjakan perusahaan, dilengkapi dengan pencapaian, nama klien, dan detail pekerjaan.

Portofolio berguna sebagai alat yang menunjukkan profesionalitas dan pengalaman perusahaan. Sehingga audiens yakin akan kemampuan perusahaan dalam menjalankan proyeknya.

Informasi tambahan lainnya

Beberapa company profile juga mencantumkan informasi berikut ini. Namun, ini tidak wajib. Pilih yang benar-benar sesuai dengan audiens yang menjadi sasaran.

Informasi tambahan ini misalnya:

  • Omset dan laba tahunan serta target keuangan tahun tersebut
  • Jumlah karyawan dan mitra perusahaan
  • Foto-foto dan video dokumentasi

Bentuk Company Profile

Setelah tahu apa itu company profile beserta manfaat dan isinya, kini kita membahas bentuknya. Pada umumnya company profile dibuat dalam bentuk bundel atau jilidan khusus yang dicantumkan pada proposal.

Namun company profile juga dapat berbentuk:

  • Laman khusus di situs resmi perusahaan.
  • Artikel khusus di situs pengetahuan, seperti Wikipedia
  • Deskripsi di akun profesional perusahaan. Beberapa platform media sosial menyediakan ini, misalnya LinkedIn.

Apapun bentuknya, company profile harus dapat diakses dengan mudah oleh audiens serta lengkap isinya.

Mudah Membuat Company Profile Bersama Cloudnow

Ternyata mengenal apa itu company profile tidak serta merta membuat proses penyusunannya menjadi lebih mudah. Diperlukan keterampilan mengolah data dan kata agar hasilnya menarik.

Anda dapat  menyerahkan pekerjaan ini pada CloudNow, karena:

  • Kami expert dalam hal branding dan pemasaran. Karenanya kami dapat menyusun company profile yang menarik hingga mendatangkan omset.
  • Kami digawangi oleh para ahli di bidang pemasaran, teknologi, copywriting dan desain. Company profile Anda akan tampil menarik dan lengkap.
  • Anda dapat sekaligus memesan website perusahaan di tempat kami dengan harga bersaing. Kami juga dapat mendesain website sesuai branding yang Anda inginkan.
  • Kami telah berpengalaman membantu berbagai perusahaan. Termasuk yayasan, lembaga non profit, sekolah, dan UMKM.
  • CloudNow juga dapat membantu Anda dalam berbagai layanan digital marketing sekaligus optimasi situs perusahaan. Sehingga hasilnya bukan hanya company profile yang ciamik, tetapi juga branding yang menyeluruh dan efektif.

Hubungi ClodNow melalui email atau nomor telepon yang tersedia di halaman kontak pada situs resmi kami. Customer Service kami selalu sedia menjawab setiap pertanyaan dan melayani konsultasi sebelum Anda memesan.

Mari kenali apa itu company profile bersama CloudNow. Sekaligus menyusun profil perusahaan yang lengkap, menarik, serta dapat membantu meningkatkan omset dan kepercayaan terhadap perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*