About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Instragram SEO Bantu Raih Brand Awarness dengan Mudah

Tujuan Instagram SEO untuk meningkatkan peringkat profil Instagram Anda di hasil Instagram search engine.

Instagram SEO merupakan sebuah proses optimasi konten Instagram.

7 Cara Optimasi Instagram SEO untuk bisnis Anda

instagram seo

Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan serta membuat semakin mudah ditemukan profil Instagram Anda.

Konten Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon followers apabila menerapkan SEO pada Instagram.

Contohnya bisa Anda lihat dari meningkatnya brand awareness, jumlah followers yang bertambah, hingga melambungkan engagement konten.

Dalam bisnis online di media sosial, followers adalah elemen utama yang bisa Anda prospek menjadi pelanggan.

Dengan banyaknya follower, pemilik bisnis bisa dengan mudah menawarkan suatu produk atau jasanya.

Berikut cara optimasi SEO pada Instagram:

Optimalkan Profil Instagram

Instagram search engine akan menampilkan profil yang sesuai kata kunci, saat pengguna bertujuan mencari profil atau postingan di Instagram.

Nah, tentu saja tak semua profil akan muncul di hasil pencarian.

Pertama-tama Anda perlu mengoptimasi profil Instagram bisnis Untuk memunculkan profil di hasil mesin pencarian instagram.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Anda harus mengubah pengaturan profil menjadi publik agar siapa saja dapat menemukan profil Instagram Anda.
  • Gunakan foto profil yang sesuai dengan bisnis. Misalnya foto profil Anda sedang memakai merek atau simbol yang menggambarkan produk yang dijual.
  • Buat brand bisnis yang mudah dicari dan dikenali sesuai kategori bisnis. Misalnya menggunakan keyword kafe atau coffee, jika Anda membuka coffee shop.
  • Sertakan tautan website bisnis online Anda pada bio Instagram
  • Daftarkan akun Instagram ke Instagram Bisnis

Masukkan Kata Kunci Utama ke Username dan Display Name

Saat pengguna mengetikkan kata kunci, Instagram search engine langsung menampilkan profil dan konten yang memuat kata kunci itu.

Instagram SEO memudahkan followers mencari profil Instagram Anda berdasarkan kata kunci yang mereka cari.

Masukkan kata kunci utama ke username dan display name Anda agar profil Anda muncul di kata kunci yang relevan dengan bisnis.

Sebagai contoh, Anda berbisnis pakaian jadi. Gunakan kata kunci “pakaian” pada username atau display name.

Optimasi Instagram SEO dengan Kata Kunci Turunan

instagram seo

Tidak mengapa jika username dan display name Anda di Instagram tidak mengandung kata kunci utama.

Tetapi alternatifnya Anda dapat menambahkan kata kunci utama dan turunan di bio Instagram bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda berbisnis case untuk smartphone. Tambahkan kata kunci turunan pada bio Anda seperti “case smartphone murah”.

Begitu ada pengguna yang mencari case smartphone murah, profil Anda punya berpeluang muncul di hasil pencarian si pengguna.

Padatkan pesan bio pada Instagram Anda saat menambahkan kata kunci turunan.

Sebab, Instagram memberikan batasan karakter pada kolom bio.

Maksimalkan Alt Text

Anda juga bisa melakukan optimasi gambar layaknya optimasi gambar pada SEO website menggunakan alt text di Instagram lho.

Algoritma Instagram memunculkan foto Anda ke followers yang menyukai tipe konten tersebut.

Sebab, Alt text Instagram dapat membantu serta mendeskripsikan konten gambar Anda.

Alt text Instagram juga berfungsi untuk memudahkan mesin pencarian Google menemukan konten Anda.

Yang Anda perlukan adalah menyisipkan keyword dengan volume pencarian tinggi di Google dalam alt text Anda.

Apabila Anda yang terlanjur posting konten tanpa alt text, tetap masih bisa menambahkannya dengan mengedit postingan itu.

Caranya dengan klik pengaturan titik tiga di pojok kanan atas > Edit > Edit Alt Text, posting kembali done.

Instagram SEO dengan Hashtag

Hashtag akan membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh semua pengguna di Instagram.

Dengan memanfaatkan search engine dalam bentuk kata kunci utama yang masih relevan dengan bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda memposting konten diskon baju baru untuk lebaran di Instagram.

Agar lebih mudah ditemukan pengguna, dapat menggunakan hashtag #bajubaru dan #bajulebaran.

Cara memilih hashtag yang baik untuk hasil maksimal:

  • Perhatikan hashtag yang digunakan pesaing
  • Cek tingkat popularitas hashtag pilihan Anda di tools hashtagify.me
  • Monitor pada postingan sebelumnya untuk hashtag yang sukses
  • Hindarkan dari spam hashtag

Gunakan Kata Kunci Turunan pada Caption

Instagram menggunakan machine learning untuk menentukan konten mana yang akan muncul di explore.

Hanya berbekal kata kunci dan konteks caption saja, machine learning bisa memilih konten yang dianggap paling relevan dengan kebutuhan user.

Anda bisa menulis caption yang relevan dengan konten. Jangan lupa tambahkan kata kunci turunan pada caption yang dibuat.

Perhatikan Instagram Insights untuk Melihat Reach Content

instagram seo

Untuk melihat performa setiap konten yang Anda buat mulai dari konten di feed hingga Instagram Story.

Untuk langkah ini Anda bisa menggunakan Instagram analytics yang bernama Insight.

Setiap metriks memiliki fungsinya masing-masing dan cara untuk memaksimalkannya.

Melalui Insights, Anda bisa melakukan evaluasi konten melalui beberapa metrics yaitu sebagai berikut:

Reach

Reach adalah metriks untuk mengukur banyaknya penguna yang terpikat konten yang dibuat.

Cara memaksimalkan metrics tersebut adalah dengan hashtag, sponsored content, dan giveaway.

Impression

Impression adalah metriks yang mengukur berapa kali iklan atau konten Anda tampil di layar pengguna.

Baik itu konten yang mendapat klik maupun konten yang dilihat saja.

Contohnya, impression konten Anda adalah 100.

Berarti, postingan iklan atau konten Anda muncul pada perangkat pengguna sebanyak 100 kali.

Dengan iklan, konten Anda akan ditampilkan di layar user yang diinginkan.

Anda bisa memaksimalkannya dengan memasang iklan berbayar.

Like and Comment

Like and comment adalah metriks untuk melihat komunikasi dua arah antara Anda dan pengguna pada konten.

Dapat dimaksimalkan dengan cara membuat caption konten yang interaktif.

Misalnya, dengan memancing user dengan pertanyaan yang sesuai dengan konten.

Saves

Saves adalah metriks yang mengukur user yang menyimpan konten Instagram Anda.

Memaksimalkannya adalah dengan cara membuat konten yang menarik dan bermanfaat untuk pengguna.

Tujuannya agar pengguna dapat melihat lagi jika logout dari instagram.

Audience

Audience adalah metriks untuk mengetahui kriteria pengguna atau pengikut yang merespons konten Anda.

Seperti, usia, gender, karakter, minat dan jam-jam aktif mereka merespon konten Anda.

Metrik ini bisa membantu Anda memposting konten ke audiens yang lebih spesifik di waktu yang lebih efektif. 

Sebagai contoh, ternyata followers yang banyak merespons postingan iklan atau konten Anda mayoritas adalah karyawan perusahaan.

Mereka biasanya aktif merespon konten pada saat malam hari setelah pulang kerja.

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan bentuk konten dan waktu postingnya sesuai dengan info tersebut.

Manfaatkan Tag dan Mention Instagram

Dengan memanfaatkan fitur tag dan mention di Instagram Stories, Anda juga bisa melakukan optimasi Instagram SEO.

Hal ini dapat memudahkan calon pengikut menemukan konten dan profil Anda.

Instagram akan menilai konten Anda dengan relevan, Jika makin banyak Anda mendapat tag dan mention dari profil lain.  

Hal tersebut berimbas pada peluang besar muncul di Instagram search engine followers Anda.

Cara memaksimalkan tag dan mention:

  • Buatlah konten kerjasama atau konten yang relevan dengan followers agar konten Anda mudah mendapatkan tag dan mention
  • Tag dan mention user lain yang bekerjasama dengan Anda
  • Agar konten dapat masuk di kumpulan foto fitur tagging user lain, Anda juga bisa tag user lain dan mencantumkan username mereka di caption.
  • Tambahkan tag lokasi di konten Anda. Misalnya lokasi di Hotel, mall atau lokasi bisnis Anda yang tempat tersebut diselenggarakan sebuah event.

Dengan mempraktikkan cara-cara yang telah dijelaskan di atas, konten postingan Anda di Instagram akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna instagram. 

Sehingga akan meningkatnya brand awareness, engagement, bahkan juga angka penjualan meningkat drastis.

Jika kesulitan dalam menggunakan Instagram SEO, tidak perlu ragu untuk memakai jasa agensi digital marketing Cloud Now.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*